BI dan Unhi Gelar Seminar Nasional Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional

Berbagai perkembangan terkini terkait ekonomi digital telah direspon dengan berbagai kebijakan.

BI dan Unhi Gelar Seminar Nasional Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional
Istimewa
Causa Iman Karana, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seminar Nasional dengan tema ‘Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional di Era Digital Tecnology’, terselenggara atas kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, dengan Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dan ISEI Provinsi Bali.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, persiapan penyelenggaraan kegiatan ini hanya sekitar 5 hari saja. Oleh karena itu, apabila ada kekurangan kiranya dapat dimaklumi. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh stakeholder terkait dapat memiliki  pandangan dan pemahaman yang sama, sehingga dapat bergerak secara terpadu untuk menyukseskan elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional serta penguatan infrakstruktur pembayaran yang handal dan aman,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana, dalam rilis yang diterima Tribun Bali, Selasa (22/5/2018).

Lanjut pria yang akrab disapa Cik ini, ekonomi digital adalah sebuah bentuk kebangkitan yang disebut sebagai The 4th Industrial Revolution.

Revolusi industri tahap I ditandai dengan ditemukannya mesin uap.

Revolusi II dimulai dengan penggunaan listrik dan ban berjalan dalam proses produksi.

Revolusi tahap III didorong oleh komputerisasi dan automasi produksi. Saat ini, revolusi tahap IV ditandai dengan penggunaan teknologi informasi secara masif, artificial intelligence, the internet of thing dan cloud computing.

“Kebangkitan ekonomi digital adalah sebuah keniscayaan akan bentukan baru struktur ekonomi masa depan, yang tentunya harus kita sikapi dan persiapkan. Bank Indonesia senantiasa menempatkan diri sebagai institusional leader dalam mendorong pengembangan ekonomi digital,” jelasnya.

Berbagai perkembangan terkini terkait ekonomi digital telah direspon dengan berbagai kebijakan.

Sebagai contoh, telah dikeluarkan kebijakan untuk layanan Teknologi Financial (TekFin) dengan regulatory sandbox untuk tetap mendorong inovasi sambl memitigasi potensi risiko yang muncul.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help