Liputan Khusus

Main Game Online Jadi Sumber Penghasilan Fantastis di Bali, Bisa Raup Ratusan Juta

Para pemain online game (biasa disebut player) bahkan kini bisa menjadikan permainan itu sebagai sumber penghasilan

Main Game Online Jadi Sumber Penghasilan Fantastis di Bali, Bisa Raup Ratusan Juta
Tribun Bali/Dwi Suputra
Game Online 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Di masa lalu, bermain online game cenderung diidentikkan dengan hal-hal yang kurang positif, seperti buang-buang waktu, pemborosan duit, prestasi belajar menurun dan sederet hal negatif lainnya.

Namun, saat ini anggapan seperti itu sudah tidak tepat lagi. Para pemain online game (biasa disebut player) bahkan kini bisa menjadikan permainan itu sebagai sumber penghasilan, karena mereka mendapat honor rutin hingga jutaan rupiah setiap bulan.

“Kami memiliki dua tim untuk dua jenis online game. Setiap tim terdiri dari enam player, jadi total ada 12 pemain. Mereka kami kontrak selama 6 bulan, dan kami bayar mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 4 juta per bulan selama kontrak,” kata Andy Putra Suryanto, penggagas dan pemilik (owner) Saudara e-Sports, sebuah kelompok atau komunitas game online di Bali, saat ditemui Tribun Bali pekan lalu.

Andy menjelaskan, di tingkat internasional, permainan online game yang dilakukan secara profesional sudah diakui sebagai bagian dari cabang olahraga.

Cabang olahraga yang mempertandingkan kemampuan bermain online game itu disebut sebagai e-Sports atau olahraga elektronik.

Bahkan, Andy mengungkapkan, e-Sports akan meramaikan Asian Games 2018 pada pertengahan Agustus nanti di Palembang.

e-Sports menjadi salah-satu dari dua cabang olahraga yang diperkenalkan (eksibisi) di Asian Games 2018.

Artinya, permainan online game akan dipertandingkan di event olahraga tingkat Asia itu; namun karena sifatnya eksibisi, medalinya masih belum dihitung sebagai perolehan medali negara-negara pesertanya.  

Kabar e-Sports akan menjadi salah-satu cabang olahraga (cabor) di Asian Games ini juga disampaikan oleh staf khusus Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), Tommy Kurniawan, pada awal Mei lalu.

"Saya mendapat kabar bahwa Asian Games ada cabang e-Sports. Dan Insya Allah, Arena of Valor (AOV) terpilih menjadi salah-satu cabang yang akan dipertandingkan," ucap Tommy seperti dikutip oleh akun resmi Instagram AOV Indonesia. AOV adalah salah-satu jenis game dalam game online.

Halaman
1234
Penulis: Fauzan Al Jundi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved