TPP Belum Cair di Bangli dan Denpasar, THR Baru Dicairkan untuk Tiga Komponen

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bangli dan Kota Denpasar untuk tahun 2018 sudah dicairkan.

TPP Belum Cair di Bangli dan Denpasar, THR Baru Dicairkan untuk Tiga Komponen
net
Ilustrasi THR 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bangli dan Kota Denpasar untuk tahun 2018 sudah dicairkan.

Namun pencairan THR tersebut belum memenuhi seluruh komponen THR. Untuk komponen tunjangan penghasilan PNSD (TPP) masih dihitung atau masih dalam proses administrasi.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 903/3387/SJ, pemberian THR dan gaji ke-13 untuk ASN daerah bersumber dari APBD.

THR bagi ASN daerah ini terdiri dari empat komponen. Meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) atau tunjangan kinerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangli Ida Bagus Giri Putra, Kamis (7/6) menyebutkan, pencairan THR di lingkungan Pemkab Bangli sudah mulai dilakukan sejak Selasa (5/6). Bupati. wakil bupati, dan anggota DPRD juga dapat THR.

“Sesuai amanat Mendagri secara tertulis pada awal Juni 2018, perihal pemberian THR dan gaji ke-13, selain ASN, THR juga dicairkan untuk bupati, wakil bupati, dan anggota DPRD,” ucapnya.

Namun dari empat komponen THR tersebut, untuk tunjangan penghasilan pegawai (TPP) pencairannya belum bisa dilakukan lantaran masih dalam proses penghitungan.

Dalam surat Mendagri tersebut, lanjut Giri Putra, terdapat pula amanat bagi pemerintah daerah yang belum menyediakan/tidak cukup tersedia anggaran THR dan gaji ke-13 dalam APBD TA 2018, dapat melakukan pergeseran anggaran yang dananya bersumber dari belanja tidak terduga, penjadwalan ulang kegiatan, dan/atau menggunakan kas yang tersedia.

“Khususnya di Bangli, urusan THR ini sudah kami anggarkan tiap tahunnya. Sebab itu tidak ada pergeseran kegiatan. THR berbeda dengan gaji ke-13. Sebab THR dicairakan pada hari raya Idul Fitri. Sedangkan gaji ke-13 dicairakn pada bulan Juli, saat memasuki tahun ajaran baru,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Bangli, Gede Suryawan mengatakan, total dana yang digelontorkan untuk mencairkan THR tahun ini mencapai nominal Rp 19,903 miliar. Nominal tersebut merupakan jumlah bersih setelah dipotong pajak sebesar 15 persen.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help