Terminal Mengwi Sudah Berfungsi Optimal Layani Arus Mudik Lebaran

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB, melakukan uji kelaikan jalan

Terminal Mengwi Sudah Berfungsi Optimal Layani Arus Mudik Lebaran
Tribun bali/Rizal Fanany
Prasetyo Boeditjahjono, Staff ahli bidang teknologi lingkungan dan energi kementrian Perhubungan mengecek kesiapan armada bus saat arus mudik di terminal Mengwi, Badung, Sabtu (9/6). 

   

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB, melakukan uji kelaikan jalan (ram check) terhadap angkutan umum di Terminal Mengwi, Sabtu (9/6) kemarin

Uji kelaikan jalan itu juga dipantau Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Kemenhub, Prasetyo Budi Cahyono, yang sekaligus mengamati arus mudik Lebaran di Terminal Mengwi, yang merupakan Terminal Tipe A dan terbesar di Bali.  
"Kami merasa senang. Sebab, saat saya dinas di terminal ini tahun lalu, terminal belum difungsikan optimal. Namun saat ini sudah difungsikan dengan optimal. Jadi, kami apresiasi hal ini," ujar Prasetyo sembari memantau situasi Terminal Mengwi di Mangupura, Kabupaten Badung.

Dalam pemantauan, Prasetyo didampingi Agung Hartono selaku Kepala BPTD Wilayah XII Bali-NTB, Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Terminal Mengwi, AKP Ketut Sartana, serta Koordinator Terminal Tipe A Mengwi, Cok Agung Swarmaya.

Prasetyo melihat sudah ada konektivitas antara Terminal Mengwi saat ini ke Terminal Ubung, Denpasar. Sebelumnya, keterhubungan antara Terminal Ubung dan Mengwi menjadi keluhan banyak penumpang. Sebab, para penumpang dari luar Bali yang turun di Terminal Mengwi sulit mendapatkan angkutan ke Terminal Ubung.

Dengan kepindahan semua bus AKAP dari Terminal Ubung ke Terminal Mengwi, itu menandakan fungsi Terminal Mengwi sudah maksimal.

Dalam kesempatan itu, seperti dikutip bali.antaranews.com, Prasetyo sempat melihat uji kelaikan salah-satu bus AKAP jurusan Denpasar-Solo. Secara umum, bus-bus itu sudah memenuhi standar angkutan penumpang, khususnya mengantar para pemudik Lebaran.

Cok Agung Swarmaya mengatakan, uji kelaikan terhadap angkutan umum seperti bus AKAP rutin dilakukan untuk pengamanan penumpang. 

“Uji kelaikan sudah mulai sejak tanggal 21 Mei lalu. Biasanya kami lakukan mulai pukul 02.00 Wita sampai pukul 05.00 Wita. Karena jam segitu memang jam sibuk, banyak bus AKAP baru tiba,” terang Cok Agung saat, Sabtu (9/6).

Cok Agung menambahkan, uji kelaikan itu mencakup pengecekan terhadap ban, rem kaki, rem tangan, kopling, lampu dan lain-lain, termasuk kelengkapan dokumen kendaraan. 

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help