Libur Lebaran Wisatawan Domestik Masuki Bali Meningkat, Jalur Denpasar Gilimanuk Rawan Macet

Penjagaan lalulintas terus dilakukan selama libur hari raya. Selain arus mudik, lonjakan wisatawan pun berdampak pada kepadatan lalulintas

Libur Lebaran Wisatawan Domestik Masuki Bali Meningkat, Jalur Denpasar Gilimanuk Rawan Macet
Tribun Bali/Agus Aryanta
Kondisi arus lalulintas terpantau macet di jalan rasa Mengwi Badung pada Selasa (12/6/2018) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Penjagaan lalulintas terus dilakukan selama libur hari raya. Selain arus mudik, lonjakan wisatawan pun berdampak pada kepadatan lalulintas saat libur hari raya sering kali terjadi di Jalur Denpasar-Gilimanuk.  

Penjagaan dan pengaturan akan lebih diintensifkan lagi terutama di ruas-ruas  jalan menuju tempat wisata termasuk persimpangan-persimpangan yang selama ini memang padat lalulintas.

Kepadatan lalulintas tersebut terlihat dari kemacetan yang terjadi di Jalur Denpasar Gilimanuk terutama di jalan Raya Sempidi, Kapal dan Mengwi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma mengatakan Penjagaan dan pengaturan lalulintas juga dilakukan selama libur hari raya. Ia mengatakan, tahun sebelumnya saat libur hari raya Bali khususnya Kuta akan menjadi tempat tujuan wisata.

“Dalam mengatensi volume kendaraan di tempat pariwisata kami mempersiapkan 115 personel dari UPT LLA Badung selatan,” katanya.

Menurutnya volume kendaraan akan bertambah signifikan karena kecendrungan wisatawan domestik dari luar Bali akan membawa kendaraan pribadi untuk berwisata ke Bali.  

”Musim liburan ini, banyak wisatawan kususnya domestic yang berlibur ke Bali membawa kendaannya sendiri,” ujarnya.

Ditanya untuk memasatikan keamanan dan kelancaran arus mudik di Hari Raya Idul Fitri tahun 1439 Hijriyah atau 2018 ia mengatakan menurunkan  55 personel di wilayah  Badung  Utara.

Dikatakan tahun sebelumnya posko angkutan lebaran juga diselenggarakan di luar area terminal mengwi untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus angkutan lebaran terutama di ruas – ruas jalan yang menjadi jalur arus mudik atau angkutan lebaran.

Pihaknya menjelaskan mempersiapkan 25 personel,  yang bertugas di Terminal Mengwi. Selain itu  30 personel lainnya di tetapkan di luar Terminal mengwi untuk mengatur arus lalulintas bersama aparat kepolisian Polres Badung.

”Personel kita tugaskan di posko pengamanan dan pelayanan juga untuk pengamanan arus mudik ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB mengatakan bahwa wisatawan domestik sudah banyak yang ke Bali.

Hal ini terlihat dari hasil pantauannya di Pelabuhan Gilimanuk bahwa volume kendaraan yang ber-plat luar mulai masuk ke Bali.

“Saat saya pantau mudik di pelabuhan Gilimanuk, saya lihat banyak kendaraan yang ber-plat luar masuk ke Bali. Hal ini yang akan mengakibatkan beberapa simpang jalan di Badung macet,” katanya saat dikonfirmasi terpisah. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help