Gunung Agung Terkini

Gunung Agung Terekam Alami 2 Kali Gempa Hembusan pada Pengamatan 6 Jam Terakhir

Padahal sehari sebelumnya, Rabu (13/6/2018) Gunung Agung kembali megalami erupsi dengan ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter

Gunung Agung Terekam Alami 2 Kali Gempa Hembusan pada Pengamatan 6 Jam Terakhir
Istimewa
Kondisi gunung Agung dari Pos Pantau Gunung Api di Desa Rendang periode, Kamis (14/6/2018) pukul 00.00 Wita sampai 06.00 Wita. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Aktivitas vulkanik Gunung Agung, Kamis (14/6/2018) mulai mereda.

Berdasarkan laporan PVMBG periode pukul 00.00 Wita, hingga pukul 06.00 Wita, terekam dua kali gempa hembusan di Gunung Agung.

Padahal sehari sebelumnya, Rabu (13/6/2018) Gunung Agung kembali megalami erupsi dengan ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter di atas puncak Gunung Agung.

"Terekam 2 gempa hembusan dengan amplitudo : 2-3 mm dan  durasi  30-45 detik ," Jelas Kapala Pos Pantau Gunung Api Agung di Desa Rendang, Karangasem, I Dewa Mertayasa.

Hasil pengamatan dari Pos Pantau Gunung Api Rendang, cuaca cenderung berawan dan mendung.

Angin bertiup lemah ke arah barat dengan suhu udara 19-20 °C dan kelembaban udara 89-90 %.

"Tingkat Aktivitas Gunung Agung masih di Level III atau siaga," jelasnya.

PVMBG pun tetap menghimbau masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung juga agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help