Piala Dunia 2018

Cara Penyanyi Dua Lipa Dukung Selebrasi Pemain Timnas Swiss Shaqiri dan Xhaka

Aksi Shaqiri dan Xhaka itu berujung sanksi dari FIFA jika terbukti ada muatan politis di baliknya.

Cara Penyanyi Dua Lipa Dukung Selebrasi Pemain Timnas Swiss Shaqiri dan Xhaka
instagram.com/dualipadualipadualipadualipa
Penyanyi Inggris, Dua Lipa 

TRIBUN-BALI.COM - Laga Swiss kontra Serbia diwarnai dengan selebrasi kontroversial Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka. Swiss tertinggal lebih dulu melalui gol Aleksandar Mitrovic pada menit ke-5.

Di babak kedua Swiss baru bisa membalas melalui Granit Xhaka (52') dan Xherdan Shaqiri (90'). Usai mencetak gol, kedua pemain tersebut melakukan selebrasi dengan membentuk "Double Eagle" dengan kedua tangan.

Baik Shaqiri maupun Xhaka sama sama membuat simbol lewat tangannya seperti burung yang mengepakkan sayap dan menempelkannya di tengah dada. Double Eagle merupakan lambang negara Albania yang merupakan tanah kelahiran Shaqiri dan Xhaka. Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka berasal dari keluarga imigran dan memiliki darah dari Kosovo dan Albania, dua wilayah yang sempat berkonflik dengan Serbia.

Baca: Banjir Penalti Warnai Piala Dunia Rusia, Lima Penalti Lagi Lampaui Rekor Piala Dunia 2002

Dilansir BolaSport.com dari laman NBC Sports, Shaqiri lahir di Kosovo sebelum pindah ke Swiss bersama orang tuanya dan tiga saudara kandungnya ketika dia baru berusia satu tahun.

Kepindahan Shaqiri ternyata disebabkan dengan kegaduhan yang terjadi di Kosovo dengan pemerintah Serbia. Kosovo lalu mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada tahun 2008, namun tidak diakui sebagai bangsa yang berdaulat oleh Serbia.Kisah yang hampir mirip pun dialami oleh Granit Xhaka yang juga memiliki darah keturunan Albania.

Ayah Xhaka sebelumnya berpartisipasi dalam demonstrasi menentang pemerintahan komunis Yugoslavia di Kosovo. Namun, sang ayah harus dipenjara dengan hukuman yang lama karena aksi itu.

Hubungan politik Albania dan Serbia inilah yang membuat kedua pemain ingin menyampaikan pesan tersebut lewat selebrasi gol ke gawang Serbia. Aksi Shaqiri dan Xhaka itu berujung sanksi dari FIFA jika terbukti ada muatan politis di baliknya.

Ternyata, aksi tersebut juga disuarakan oleh penyanyi top dunia, Dua Lipa. Dua Lipa mendukung aksi Shaqiri dan Xhaka yang berselebrasi dengan membentuk Burung Elang di depan dada.

Maklum, Lipa memiliki darah Albania dan Kosovo dari orang tua. Melalui unggahan instastory di akun Instagram pribadinya, Dua Lipa memasang foto Shaqiri dan Xhaka yang tengah berselebrasi.

Unggahan itu juga dibubuhi emoticon tiga pasang tangan membentuk gerakan Double Eagle.
Di bawah foto Shaqiri dan Xhaka, Lipa juga menambahkan bendera Albania dan Kosovo. (*)

Editor: Rizki Laelani
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved