Piala Dunia 2018

Pelatih Lokal Samurai Biru Termotivasi Spirit 2002 Jadi Juara Grup H

Kolombia, yang duduk di peringkat tiga dengan tiga poin, juga berpeluang ke puncak jika bisa mengalahkan Senegal di Samara.

Pelatih Lokal Samurai Biru Termotivasi Spirit 2002 Jadi Juara Grup H
Pelatih Timnas Jepang,Akira Nishino

TRIBUN-BALI.COM - Akira Nishino tahu ada beberapa cara untuk meloloskan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Tapi pelatih tim Samurai Biru ini hanya fokus pada satu cara. Tak lain cara itu adalah dengan mengalahkan peringkat delapan dunia, Polandia, dalam laga terakhir Grup H di Volgograd, Kamis (28/6/2018) malam ini.

"Kami hanya ingin lolos sebagai juara grup," ujarnya menegaskan. Setelah hasil imbang 2-2 pada laga Minggu (24/6), Jepang, dan Senegal berbagi kepemimpinan di puncak grup dengan sama-sama mengemas empat poin, dan selisih gol, serta kegolan yang juga sama.

Tim Samurai Biru bakal lolos jika bisa menang, atau seri kontra Polandia. Bahkan jika pun kalah, masih bisa lolos dengan sejumlah persyaratan lain.

Namun skuat Nishino, yang notabene adalah pemilik rangking terendah FIFA, 61, dan semula paling tak dipandang untuk bisa lolos, hanya mau memilih jalur kemenangan.

Kemenangan 2-1 atas Kolombia di laga perdana membuat mereka mulai diperhitungkan. Shinji Kagawa cs pun semakin percaya diri. Kini mereka termotivasi spirit Piala Dunia 2002 saat menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Korea Selatan.

Ketika itu, mereka lolos ke 16 besar tanpa pernah kalah di penyisihan grup. Sayang ketika itu di 16 besar langkah mereka terhenti setelah dikalahkan Turki 0-1.

Baca: Sempat Ketar-ketir dan Was-was, Timnas Brasil Sukses Amankan Tiket 16 Besar Menantang Meksiko

Baca: BBTF 2018 Jadikan Kekuatan Bali Sebagai Market yang Membuat Dunia Tahu Potensi Indonesia

Baca: Rupiah Melemah Hingga Level Rp 14.200, Terendah Sejak Awal 2018

Di sisi lain, Kolombia, yang duduk di peringkat tiga dengan tiga poin, juga berpeluang ke puncak jika bisa mengalahkan Senegal di Samara.

Jika Jepang, dan Senegal finis di posisi dua dengan jumlah poin, gol, dan jumlah kegolan sama, maka kelolosan keduanya akan ditentukan dengan akumulasi jumlah kartu kuning, dan kartu merah.

Kubu Polandia tadinya menyandang predikat sebagai tim favorit di Grup H. Siapa nyana tim berjuluk Bialo-czerwoni (Putih-Merah) ini malah tampil mengecewakan.

Diperkuat striker sekelas Robert Lewandowski, mereka kalah dua kali beruntun, dan hanya bisa mencetak satu gol.

Mereka sudah tak punya peluang lagi melangkah ke-16 besar. Namun, Jepang tak boleh lantas menyepelekan motivasi Polandia. Tim asuhan Adam Nawalka ini punya tradisi unik di dua Piala Dunia yang mereka ikuti sebelumnya.

Di PD 2002, dan 2006, Polandia juga sama-sama kalah dua kali beruntun, tapi mereka menutup laga terakhirnya di grup dengan kemenangan, yakni atas Amerika Serikat, dan Kosta Rika. Pastinya tim Samurai Biru tak mau jadi korban berikutnya. (*)

Jepang vs Polandia
Trans TV/ K-vision
Kamis (28/6) Pukul 22.00 WITA

Editor: Rizki Laelani
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved