Berita Banyuwangi

Usai Lebaran Layanan Pelayanan Publik Banyuwangi Melonjak

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi ke sejumlah tempat pelayanan publik di daerahnya.

Usai Lebaran Layanan Pelayanan Publik Banyuwangi Melonjak
Surya
Bupati Anas mengunjungi beberapa tempat pelayanan publik di Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi ke sejumlah tempat pelayanan publik di daerahnya.

Salah satunya, Anas mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis, (27/6).

”Ini memang pola setelah Lebaran, pasti membeludak. Warga perantau yang pulang, entah itu pekerja, pengusaha, atau mahasiswa, datang mengurus dokumen kependudukan. Bahkan, Senin-Selasa lalu mencetak lebih dari 1.900 e-KTP per hari, padahal biasanya sehari sekitar 300 e-KTP,” ujar Anas.

”Maka saya datang untuk menyemangati petugas Mal Pelayanan Publik. Saya juga cek, alhamdulillah gedung ini sudah adem. Jadi meski padat, pengunjung nyaman. Karena sebelumnya ada keluhan di medsos, AC-nya agak error,” imbuh Anas.

MPP pertama di Indonesia yang dikelola pemerintah kabupaten itu tampak sangat ramai oleh warga.

Sebagian besar warga mengantre untuk pembuatan KTP Elektronik.

MPP sendiri melayani 150 jenis layanan dokumen/perizinan dalam satu tempat.

Anas berharap pelayanan KTP elektronik bisa terus prima, meski memang dia mengakui terkadang ada kendala jika blanko KTP dari pemerintah pusat sedang kosong.

"Sekarang blanko KTP tersedia dalam jumlah yang cukup. Petugas juga kami minta bekerja hingga shift lembur agar pencetakan bisa cepat. Bahkan libur Pilkada kemarin, Dispenduk tetap membuka layanan dengan sistem shift setelah para petugasnya mencoblos,” jelas Anas.

Di Mal Pelayanan Publik, Anas juga bercengkerama dengan warga dan anak-anak kecil yang diajak orang tuanya. Anas juga memberikan "angpao” Lebaran untuk anak-anak kecil.

"Waktu lihat anak kecil pas suasana Lebaran begini, spontan saya ingat masa kecil saat Lebaran, seneng banget kalau diberi uang jajan,” ujar Anas.

Usai mengecek Mal Pelayanan Publik, Anas bergeser ke Kecamatan Muncar, sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Di Kecamatan Muncar juga telah bisa dilakukan proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik. Sudah dalam beberapa bulan terakhir, pencetakan e-KTP bisa dilakukan di enam kecamatan di Banyuwangi, yaitu Muncar, Kalibaru, Genteng, Sempu, Siliragung, dan Wongsorejo.

”Jadi warga di sekitar kecamatan-kecamatan tersebut tidak perlu ke pusat kota. Insya Allah nanti kita tambah lagi, karena kita sadar Banyuwangi ini adalah daerah terluas di Pulau Jawa. Jadi jarak antar kecamatan bisa sangat jauh. Maka pelayanan harus didekatkan ke banyak kecamatan,” kata Anas. (haorrahman)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help