Bangga! 4 Penulis Bali Masuk Cerpen Pilihan Kompas 2017

Sudah sejak hampir 50 tahun Kompas memuat cerita pendek di tengah sajian berita politik, ekonomi, hukum, sampai kriminal

Bangga! 4 Penulis Bali Masuk Cerpen Pilihan Kompas 2017
Tribun Bali/Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA- "Setidaknya, sudah sejak hampir 50 tahun Kompas memuat cerita pendek di tengah sajian berita politik, ekonomi, hukum, sampai kriminal," tulis Frans Sartono dan Putu Fajar Arcana yang mewakili Juri Cerpen Pilihan Kompas 2017 dalam pengantar buku Cerpen Pilihan Kompas 2017 "Kasur Tanah."

Dan bertepatan dengan ulang tahun harian Kompas ke-53, Kamis (28/6/2018) diluncurkan buku sekaligus dibacakan peraih Cerpen Terbaik Kompas Tahun 2017.

Acara ini dirangkaikan dengan acara malam jamuan cerpen Kompas dan juga mengenang sastrawan Danarto.

Dari 21 nama yang masuk dalam buku tersebut, empat diantaranya adalah penulis yang tinggal di Bali.

Mereka adalah Gde Aryantha Soethama, Made Adnyana Ole, Lina PW, dan I Putu Supartika.

I Putu Supartika menghadirkan cerpen dengan judul Gugatan.

Gde Aryantha Soethama merupakan seorang penulis lahir, besar dan tinggal di Bali, sehingga ia paham betul dengan tanah kelahirannya.

"Hal tersebut yang kemudian saya tuangkan dalam puisi, cerita pendek, laporan perjalanan, laporan jurnalistik untuk surat kabar maupun majalah yang ada di Bali maupun koran di Jakarta," katanya.

Berbagai judul buku telah ia telorkan selama menggeluti dunia tulis menulis maupun dunia jurnalistik, sebut saja Bolak Balok Bali yang menjadi buku nonfiksi terbaik oleh Pusat Bahasa tahun 2006, Mandi Api yang memperoleh penghargaan Khatulistiwa Award tahun 2006 dan kumpulan esai terbarunya Menitip Mayat di Bali.

Hampir setiap tahun tulisannya berupa cerpen dimuat di harian Kompas Minggu dan masuk dalam antologi cerpen pilihan Kompas.

Halaman
1234
Penulis: Putu Supartika
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved