Ingin Menyusui Si Buah Hati Namun Punya Riwayat Osteoporosis, Ini yang Harus Diperhatikan

Artinya, memang nggak semua obat yang dikonsumsi wanita menyusui yang sedang mengidap osteoporosis ini dapat memperlancar keluarnya ASI mereka.

Ingin Menyusui Si Buah Hati Namun Punya Riwayat Osteoporosis, Ini yang Harus Diperhatikan
net
ilustrasi ibu menyusui 

TRIBUN-BALI.COM - Banyak kesan mendalam ketika sosok wanita muda menjadi ibu.

Nggak jarang para mama muda di zaman sekarang diberikan banyak kemudahan nih untuk menyusui si buah hati.

Mereka bisa melakukannya dengan memberikan susu formula atau pun memilih tetap dengan ASI eksklusif.

Banyak dari para ibu memilih menggunakan susu formula karena berbagai penyebab nih. Salah satunya adalah riwayat osteoporosis yang diidap seorang ibu.

Para wanita dengan osteoporosis ini jadi kesusahan dan nggak jarang jadi nggak punya pilihan untuk menyusui si buah hati dengan ASI eksklusif.

"Saya percaya osteoporosis harus ditangani berdasarkan kasus per kasus karena obat yang dikonsumsi akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi sang ibu, sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu secara keseluruhan," kata seorang laktasi konsultan, Shonte 'Terhune-Smith, BS, IBCLC, di YOLO (You Overcoming Lactation Obstacles), seperti yang sudah dimuat PopSugar.

Baca: Selain Mengincar Prestasi, Ini Harapan Atlet Tenis Meja Putu Vidya di Kejurnas 2018

Artinya, memang nggak semua obat yang dikonsumsi wanita menyusui yang sedang mengidap osteoporosis ini dapat memperlancar keluarnya ASI mereka.

Terkadang beberapa mereka harus menemui saat sulit memberikan ASI untuk si buah hati. Ini semua tergantung pada dosis dan takaran obat.

"Karena menyusui memang mengeluarkan kalsium dari tulang ibu menyusui, begitu ia mulai menyapih, kalsium itu biasanya pulih kembali," kata Shonte.

Dengan kata lain, menyusui memang nggak akan menjadi masalah bagi seorang wanita yang menderita osteoporosis selama penyakitnya nggak parah.

"Jika tingkat kalsium Ibu sangat rendah, saya bisa menyarankan dia tidak menyusui," kata Shonte.

Yap! Masa menyusui memang bisa menjadi masa yang indah, tapi jangan sampai mengesampingkan kesehatan diri kita juga ya.

Bagi para ibu menyusui dan punya riwayat osteoporosis, periksakan kembali kesehatan dan jumalah kalsium dalam tubuh agar aman memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. (*)

Editor: Rizki Laelani
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved