Kandungan Susu Kental Manis Tak Setara dengan Susu Pelengkap Gizi, Begini Penjelasan BPOM RI

BPOM secara resmi menegaskan melalui surat edarannya bahwa pada produk SKM tidak mengandung kandungan gizi susu

Kandungan Susu Kental Manis Tak Setara dengan Susu Pelengkap Gizi, Begini Penjelasan BPOM RI
Net
Ilustrasi susu kental manis 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Azmy

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI terkait kandungan gizi pada produk Susu Kental Manis (SKM) masih menyisakan tanya.

Pasalnya, berdasarkan PerKa BPOM RI No. 21/2016 tentang kategori pangan menyebutkan bahwa SKM merupakan produk yang memang dibuat dari bahan baku susu.

Namun sejak sepekan yang lalu, BPOM secara resmi menegaskan melalui surat edarannya bahwa pada produk SKM tidak mengandung kandungan gizi susu sebagaimana tercantum pada merknya.

Melalui rilisnya pada laman www.pom.go.id diperjelas bahwa meski SKM merupakan hasil olahan susu, namun SKM tetap tidak dapat menggantikan susu dalam artian susu sebagai penambah atau pelengkap gizi.

Artinya kandungan gizi pada produk susu kental manis ini tidak sesuai dengan apa yang diklaim, sebagaimana tertera pada kemasan dan juga iklan yang beredar.

"Susu kental  dan analog lainnya memiliki kadar lemak susu dan protein yang berbeda, namun seluruh produk susu kental dan analognya tidak dapat menggantikan produk susu dari jenis lain sebagai penambah atau pelengkap gizi," jelas BPOM dalam laman resmi tersebut baru-baru ini.

Ditambahkan, hal itu juga berlaku pada produk subkategori dan analog dari susu olahan lain seperti susu evaporasi, susu skim, krimer, dan juga termasuk SKM di dalamnya.

Subkategori atau jenis susu ini berbeda dengan jenis susu cair dan produk susu, serta jenis susu bubuk, krim bubuk, dan bubuk analog.

Produk Susu Kental Manis ini diperoleh dengan menghilangkan kadar air dari campuran susu dan gula.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help