Denpasar Musnahkan 193 Boks Berkas dan 104 Boks Buku

Pemerintah Kota Denpasar kembali melakukan pemusnahan arsip sebanyak 193 boks berkas dan 104 boks buku

Denpasar Musnahkan 193 Boks Berkas dan 104 Boks Buku
Istimewa
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menunjukan hasil pemusnahan arsip, Jumat (13/7/2018), di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar kembali melakukan pemusnahan arsip sebanyak 193 boks berkas dan 104 boks buku, Jumat (13/7/2018), di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar.

Kegiatan yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara ini turut memusnahkan arsip Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar sebanyak 166 boks berkas dan 43 boks buku, serta arsip milik Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Denpasar sebanyak 27 boks berkas dan 61 boks buku.

Dalam acara pemusnahan tersebut, Rai Iswara turut menyerahkan penghargaan kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah pemenang lomba pengelolaan kearsipan yakni Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Kebudayaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dan Kecamatan Denpasar Selatan.

Dalam kesempatan itu Rai Iswara mengatakan, arsip dalam kehidupan penyelenggaraan pemerintah dan negara sangat besar dan penting sebagai sumber data dan informasi.

Hal ini menandakan arsip merupakan urat nadi dalam prosesi administrasi, sehingga harus dipelihara dengan baik.

Mulai dari proses pengawalan arsip, baik menjadi arsip aktif, in aktif, maupun pemeliharaan berikutnya sampai pemusnahan.

Karena pemusnahan itu sesuai undang-undang yang merupakan suatu kewajiban.

"Jika diibaratkan darah, bagaikan darah yang bersih. Maka hari ini kami di Pemerintah Kota Denpasar atas prakarsa Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, melaksanakan pemusnahan arsip sesuai dengan standar aturan yang ada,’’ kata Rai Iswara.

Dengan demikian, Pemerintah Kota akan memberikan perhatian penuh terhadap perkembangan kearsipan di Kota Denpasar.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved