Piala Dunia 2018

Penantian 20 Tahun Prancis Raih Gelar Piala Dunia, Didier Deschamps Ukir Sejarah Les Blues

Kini berselang 20 tahun, Les Bleus kembali meraih gelar paling bergengsi di jagat sepak bola dunia

Penantian 20 Tahun Prancis Raih Gelar Piala Dunia, Didier Deschamps Ukir Sejarah Les Blues
AFP/Alexander Nemenov
Perancis Juara Dunia 

TRIBUN-BALI.COM, MOSKOW - Prancis kali pertama juara Piala Dunia di tahun 1998. Kini berselang 20 tahun, Les Bleus kembali meraih gelar paling bergengsi di jagat sepak bola dunia dengan menjuarai Piala Dunia 2018!

Prancis menjadi juara untuk kedua kalinya setelah menang 4-2 atas Kroasia pada babak final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7) malam.

Pesta gol tim asuhan Didier Deschamps diawali bunuh diri striker Kroasia, Mario Mandzukic, menit ke-18. Mandzukic menyundul bola dari tendangan bebas Antonie Griezmann.

Griezman mencetak gol kedua dari titik penalti menit ke-38. Paul Pogba dan bintang muda Prancis, Kylie Mbappe, kemudian menambah dua gol di menit 59 dan 65.

Adapun dua gol Kroasia dilesakkan Ivan Perisic menit ke-28 dan Mandzukic menit ke-69. Gol Mandzukic tercipta berkat blunder kiper Prancis Hugo lloris.

Kemenangan Prancis atas Kroasia ini menjadi ulangan hasil pertemuan kedua tim pada semifinal Piala Dunia 1998 Prancis.

Saat itu Prancis menang 2-1 lewat dua gol Lilian Thuram. Zinedine Zidane dkk kemudian jadi juara dunia setelah mengalahkan Brasil 3-0 di final.

Dengan keberhasilannya menjadi juara dunia dua kali, Prancis kini menyamai pencapaian Argentina (juara 1978 dan 1986) serta Uruguay (1930 dan 1950).

Bagi Pelatih Prancis, Didier Deschamps, gelar ini sangat istimewa. Setelah membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 sebagai pemain (kapten tim), kini di tahun 2018 ia mempersembahkan gelar serupa sebagai pelatih.

Deschamps masuk dalam sejarah sepak bola dunia sebagai orang yang bisa mengangkat Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Sejauh ini, baru Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman) yang bisa melakukannya.

Sementara bagi Kroasia, mereka harus memupus harapannya menjadi juara kali pertama. Siklus 20 tahunan terciptanya juara baru tak terjadi di Rusia 2018.

Namun demikian, prestasi Kroasia setidaknya lebih baik dari 1998. Luka Modric dkk untuk kali pertama berhasil tampil di final Piala Dunia. (ka7)

Penulis: Komang Agus Ruspawan
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved