Seorang Anggota TNI dan 4 Mantan Napi Ikut Daftar Calon Legislatif di Bangli

Tercatat dari 16 parpol hanya 11 parpol ada yang menyerahkan administrasi pendaftaran di KPU Bangli

Seorang Anggota TNI dan 4 Mantan Napi Ikut Daftar Calon Legislatif di Bangli
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Suasana verifikasi administrasi daftar calon di KPU Bangli, Rabu (18/7/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Masa pendaftaran bakal calon legislatif telah ditutup, Selasa (17/7/2018).

Hingga pukul 00.00 Wita kemarin, dari 16 partai politik (Parpol), tercatat hanya 11 parpol yang menyerahkan administarasi pendaftaran di KPU Bangli.

Diungkapkan Komisioner KPU Bangli, Gde P Roy Suparman, Rabu (18/7/2018), 11 parpol yang mendaftarkan bacalegnya kemarin diantaranya Partai NasDem, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Perindo, PSI, Partai Hanura, Partai Demokrat, PKPI, Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Gerindra.

Sedangkan, lima partai yang tidak menyerahkan dokumen administrasi pendaftaran yakni PBB, PPP, PKS, PKB, dan PAN.

“Lima partai yang tidak menyerahkan dokumen administrasi, otomatis tidak ikut menjadi peserta pemilu di Bangli,” ujarnya.

Dari sejumlah partai yang menyerahkan dokumen administrasi, kata Roy Suparman, tidak seluruhnya mengajukan 100 persen (30 kursi) calonnya di lima dapil yang ada di Bangli.

Seperti Partai Berkarya besutan Tommy Soeharto, hanya mengajukan 16 calonnya di tiga dapil Bangli; Partai Garuda 6 calon di empat dapil; dan PKPI 16 calon di empat dapil.

Begitupun dengan Partai Gerindra, PSI, dan Perindo, meski mendaftarkan bacalegnya di lima dapil, namun tidak 100 persen.

“Gerindra hanya 17 calon, PSI 23 calon, dan Perindo 24 calon. Mereka tetap dianggap sah meski tidak mengajukan calonnya di salah satu dapil. Karena yang dianggap sah adalah dokumen syarat pengajuan bakal calon,” sebut dia.

Setelah masa pendaftaran itu, imbuh Roy, dilanjutkan dengan verifikasi administrasi untuk mengecek ada, tidak, serta sah dan tidaknya sejumlah dokumen administrasi.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved