Waspada, Puncak Gelombang Laut Saat Gerhana Bulan di Bali dan Wilayah Lain pada 27 Juli 2018

BMKG memprediksi gelombang tinggi di laut pada 27 Juli 2018, seiring terjadinya gerhana bulan

Waspada, Puncak Gelombang Laut Saat Gerhana Bulan di Bali dan Wilayah Lain pada 27 Juli 2018
lapan.go.id
Ilustrasi gerhana bulan. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - ‎Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi di laut pada 27 Juli 2018, seiring terjadinya gerhana bulan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, gelombang tinggi masih akan berlangsung sampai Oktober 2018, dimana kondisi ini telah dimulai pada Mei dan puncaknya pada 27 Juli 2018.

"Setelah itu berangsur-angsur turun lagi, berakhir nanti Oktober," ujar Dwikorita di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Menurutnya, BMKG telah memberikan peringatan dini kepada daerah-daerah yang memiliki potensi gelombang tinggi agar bisa diwaspadai.

"Ini cukup merata Sumatera sampai Jawa," ucap Dwikorita.

‎Ia menilai, saat terjadi gerhana bulan memang akan terjadi gelombang tinggi dan air laut menjadi pasang, terlebih gerhana bulan pada Juli menjadi yang terpanjang selama 100 menit lebih.

"Kalau ada gerhana bulan, itu (air laut) nanti pasang," kata Dwikorita.

Terpisah, Wayan Wirata, Foskester BMKG menjelaskan, faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi cuaca signifikan yakni periode puncak musim kemarau bulan Juli-Agustus khususnya di wilayah Indonesia bagian Selatan (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara).

Hali ini ditandai dengan berhembusnya angin (massa udara) yang dingin dan kering dari wilayah Austarlia yang berdampak pada potensi hujan dan meningkatnya kecepatan angin di wilayah Indonesia Bagian Selatan.

Mascarene High inilah yang memicu terjadinya gelombang tinggi di samudera hindia tepatnya di barat Australia yang kemudian menjalar hingga wilayah barat dan selatan Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved