Dampak 'Amukan' Gelombang Tinggi di Bali, Pura Konco di Pantai Balangan Hancur Diterjang Ombak

BPBD Karangasem memperkirakan kerugian akibat gelombang tinggi sejak pertengahan Juli hingga sekarang mencapai Rp 700 juta.

Dampak 'Amukan' Gelombang Tinggi di Bali, Pura Konco di Pantai Balangan Hancur Diterjang Ombak
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Kondisi Pura Konco di Pantai Balangan yang hancur diterjang ombak, Kamis (26/7/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - BPBD Karangasem memperkirakan kerugian akibat gelombang tinggi sejak pertengahan Juli hingga sekarang mencapai Rp 700 juta.

Angka kerugian tersebut meliputi kerusakan jukung, peralatan nelayan, dan infrastruktur umum yang rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Krangasem, IB Ketut Arimbawa, kerugian tersebut dihitung dari bencana yang menimpa nelayan sekitar Seraya Timur, Bugbug, dan Jasri di Kecamatan Karangasem, dan Desa Purwakerti, Kecamatan Abang.

Ditambah kerusakan rumah dan dapur warga seperti yang terjadi di Banjar Dinas Kodok, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, kemudian warung warga di pesisir Pantai Desa Bugbug dan Jasri.

Selain itu infrastruktur seperti senderan dan jalan rusak.

"Kerugian semua sekitar 700 juta. Untuk Seraya Timur, kerugian diperkirakan mencapai 340 juta. Ditambah lagi jukung nelayan di Bugbug, Jasri, dan Purwakerti, serta rumah dan dapur," terang  Arimbawa, Kamis (26/7).

Jukung nelayan di Seraya Timur yang rusak sebanyak 43 unit. Sedangkan jukung yang hilang tertelan ombak empat unit, ditambah mesin jenis 15PK hilang dua unit.

Peristiwa ini terjadi di Banjar Tukad Tis, Banjar Tukad Hitam, serta nelayan di Banjar Tanah Barak.

Untuk kerusakan vila di Pantai Amed, Desa Purwakerti dan Jasri, tak masuk dalam hitungan kerugian Rp 700 juta. Untuk hotel serta vila sudah didaftarkan asuransi jika terjadi bencana.

Sehari sebelumnya, Rabu (25/7) pagi, kawasan pesisir selatan Bali, dari Tabanan hingga Karangasem, diterjang gelombang pasang setinggi 5-6 meter.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved