TBS Season 3 Ajak Pengusaha Kreatif Bali Kembangkan Produk Lokal ke Pasar Lebih Luas

Blibli.com perusahaan e-commerce lokal terbesar di Indonesia terus mendukung perkembangan UMKM lndonesia

TBS Season 3 Ajak Pengusaha Kreatif Bali Kembangkan Produk Lokal ke Pasar Lebih Luas
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Lani Rahayu Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com (paling kiri) Maria Hermina - Senior Brand Strategy Manager Blibli.com, Dhamar Perbangkara Pemenang ke-2 TBS Season 1 dan Founder GAURI (ketiga dari kiri) dan I Kadek Edi Head Roaster Of Seniman Industries saat media gathering roadshow TBS Season 3 di Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Blibli.com perusahaan e-commerce lokal terbesar di Indonesia terus mendukung perkembangan UMKM lndonesia, salah satunya melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, The Big Start Indonesia (TBS) Season 3.

Didukung sepenuhnya oleh JNE, BCA, Prasetiya Mulya Business School, dan Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo), TBS Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dibanding tahun sebelumnya yaitu senilai Rp 1,1 Miliar.

Bali menjadi kota ke-3 dalam rangkaian roadshow TBS Season 3 yang akan diadakan pada 3 - 5 Agustus 2018.

Mengusung semangat "Buktikan Kepada Mereka", TBS Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia, untuk melakukan scale-up bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas.

“Blibli.com melihat bahwa Bali sendiri sudah sangat paham dengan pola konsumsi wisatawan mancanegara, dengan adanya TBS season 3 diharapkan semakin mendorong para pengusaha kreatif muda lokal Bali untuk menembus pasar internasional, dan untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi," jelas Senior Brand Strategy Manager Blibli.com, Maria Hermina, Kamis (2/8/2018) saat media gathering di Rumahan Bistro Denpasar.

Maria menyampaikan, data yang didapat dari Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, peningkatan jumlah UMKM sudah terlihat jelas sejak tahun 2013, dengan jumlah UMKM kota Denpasar sebanyak 11.575 dan pada 2016 menjadi 30.840 UMKM, menunjukkan bahwa potensi bisnis rumahan di Bali menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Dhamar Perbangkara Pemenang ke-2 TBS Season 1 dan Founder Gauri mengatakan, mengikuti The Big Start Indonesia Season 1 memberikan pengalaman baru, menambah koneksi, dan informasi yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis ke tingkat yang lebih lanjut.

“Sebagai pengusaha muda, tentu kita harus selalu berinovasi dan belajar menemukan strategi baru, agar bisa terus eksis dalam persaingan pasar yang makin ketat," tambahnya.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Season 3 diharapkan dapat merangkul lebih banyak lagi pengusaha muda, yang akan dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik indonesia.

Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, dimana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum, hingga perlindungan HAKI hingga akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke grand final.

The Big Start Indonesia Season 3 akan semakin besar dengan adanya Special Project di malam Grand Final, serta roadshow di 5 kota termasuk Bandung, Yogyakarta, Ball, Surabaya, dan Jakarta.

Para pengunjung dapat melihat dan berbelanja hasil karya lokal dalam open market, mengikuti talkshow para local heroes atau pengusaha muda masing-masing kota, serta berbagai kegiatan komunitas dan hiburan.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved