Bupati Badung Berharap Bisa Punya Varietas Padi Unggulan, Ini yang Dilakukan

Kami ke sini ingin belajar mengenai program pangan, utamanya bibit padi unggul sehingga petani kami memperoleh hasil produksi maksimal.

Bupati Badung Berharap Bisa Punya Varietas Padi Unggulan, Ini yang Dilakukan
Istimewa
Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta saat berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Boyolali dan diterima oleh Bupati Boyolali, Seno Samudro, Selasa (7/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, KLATEN - Setelah melakukan kunjungan studi komparasi tentang Agro Techno Park di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (7/8/2018) rombongan Pekan Informasi Pembangunan (PIP) Kabupaten Badung melanjutkan studi komparasi ke Boyolali, Jateng.

Rombongan yang dipimpin Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta tersebut diterima oleh Bupati Boyolali, Drs Seno Samudro beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkab Boyolali.

Bupati Seno Samudro berterimakasih atas kunjungan Pemkab Badung ke Kabupaten Boyolali. Pihaknya dulu juga pernah melakukan studi komparasi ke Kabupaten Badung, Bali, terkait embung (penampungan air hujan) dan kini Badung yang melakukan studi komparasi mengenai pertanian untuk mendapatkan bibit unggul varietas padi.

“Terkait kebijakan mengenai pertanian, kami di Boyolali memiliki perda tentang tanah sawah yang bebas pajak dengan pemerintah melakukan subsidi pajak sawah-sawah petani. Bahkan belum lama ini kita menjadi tuan rumah pangan sedunia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masalah pengetahuan produksi pertanian Kabupaten Boyolali sudah menerapkan sistem online dengan membuat salah satu aplikasi berupa pemberitahuan harga produksi pertanian.

”Aplikasi ini akan memberikan infomasi harga pangan, baik harga beras, palawija atau produk pertaian lainnya satu hari dua kali informasi. Jadi masyarakat maupun petani tahu harga gabah dan tidak dibohongi oleh spekulan. Aplikasi ini dibuat oleh para penyuluh pertanian kami dan surveinya dari 22 pasar yang ada di Kabupaten Boyolali,” paparnya.

Seno juga menjelaskan keberadaan penduduk di Kabupaten Boyolali yang mayoritas Muslim.

“Jumlah Penduduk kami hampir 1 juta orang dan kami patut berbangga angka kriminalitas di Kabupaten Boyolali terus menurun dan nyaris nol,” katanya.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta berterimakasih kepada Bupati Boyolali karena telah meluangkan waktunya utuk menerima rombongan PIP Pemkab Badung.

“Program ini dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat kami di bidang pertanian. Kedatangan kami ke sini adalah fokus ingin belajar mengenai program pangan, utamanya benih bibit padi unggul sehingga petani kami memperoleh hasil produksi yang maksimal, sehingga kebutuhan hasil produksi pertanian yang dibutuhkan hotel bisa dipenuhi oleh petani Badung,” paparnya. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved