Terlihat Pucat di Sela Latihan, Ni Kadek Irawati Siswi SMK Kesehatan Tewas Saat Latihan Gerak Jalan

Seorang siswi SMK Kesehatan Maharshi, Ni Kadek Irawati meninggal dunia saat menjalani sesi latihan gerak jalan pada Senin (6/8).

Terlihat Pucat di Sela Latihan, Ni Kadek Irawati Siswi SMK Kesehatan Tewas Saat Latihan Gerak Jalan
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Seorang siswi SMK Kesehatan Maharshi, Ni Kadek Irawati meninggal dunia saat menjalani sesi latihan gerak jalan pada Senin (6/8).

Sebelum korban meninggal, sejumlah teman korban sempat melihat wajah korban pucat.

Kasus siswa tewas saat gerak jalan ini adalah kasus kedua, tahun sebelumnya, korban yang merupakan siswa SMK Negeri 1 Tegalalang juga meninggal.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak (KPA) Bali, Kadek Ariasa sangat menyanyangkan kejadian ini. Terlebih lagi, kasus tewasnya siswa saat gerak jalan tidak tidak terjadi kali ini saja.

Menurut Ariasa, kasus ini terjadi dikarenakan kurang profesionalnya para pembina, khususnya pihak sekolah dalam memilih peserta gerak jalan.

Mereka hanya memilih seseorang dari segi penampakan fisik, tanpa mengenal riwayat penyakit seorang siswa. Selain itu, padatnya aktivitas latihan juga menjadi pemicu kasus seperti ini.

“Kami sangat menyanyangkan kondisi ini terjadi lagi. Karena itu, kami berharap pihak sekolah, pembina dan orangtua agar mengawasi betul kondisi kesehatan anak-anaknya sebagai peserta gerak jalan, khususnya dalam aspek mental dan fisik. Sedini mungkin anak-anak tersebut dipastikan tidak memiliki riwayat kesehatan, yang membuka peluang anak tersebut mengalami kelelahan yang berujung pada kematian,” ujar Ariasa, yang juga pemilik RSU Ari Santi Mas, Ubud itu.

“Kami tegaskan sekali lagi, jangan rasa takut anak-anak untuk menolak sebagai peserta, sehingga pihak sekolah atau pembina mengabaikan kesehatan dan mengecek riwayat kesehatan anak-anak,” ujar Ariasa.

Berdsarkan data dihimpun Tribun Bali, sebelum peristiwa nahas tersebut terjadi, korban yang masih duduk di bangku kelas X, tengah mengikuti latihan baris berbaris dengan menempuh rute Jalan Raya Wanayu, Desa Bedulu, Blahbatuh–Jalan Raya Pejeng, Tampaksiring.

Dimana latihan tersebut sudah diikuti oleh korban sejak sepekan lalu.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved