Workshop Jadi Upaya UVJF Memasyarakatkan Musik Jazz ke Mahasiswa

Dalam rangka pre event Ubud Village Jazz Festival (UVJF), dilaksanakan workshop untuk menumbuh kembangkan minat jazz di kalangan mahasiswa

Workshop Jadi Upaya UVJF Memasyarakatkan Musik Jazz ke Mahasiswa
Istimewa
Suasana workshop jazz oleh Ubud Village Jazz Festival (UVJF) di ISI Denpasar, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam rangka pre event Ubud Village Jazz Festival (UVJF), dilaksanakan workshop untuk menumbuh kembangkan minat jazz di kalangan mahasiswa.

Workshop ini digelar di Ruang Teori I Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Rabu (8/8/2018), yang didukung oleh Prodi Musik ISI Denpasar.

Dalam Workshop ini, UVJF menampilkan Benny Green Trio yang berasal dari New York sebagai pembicara, untuk berbagi dalam praktik dan teori mengenai musik jazz.

Benny Green memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya dalam bermain piano.

Ia menggandeng formasi trio untuk membagikan penggalamannya kepada para peserta workshop.

Workshop yang melibatkan lebih dari 35 orang ini dihadiri oleh mahasiswa ISI, maupun mahasiswa di luar ISI, bahkan ada juga peserta yang datang khusus dari Jakarta hanya untuk mengikuti workshop ini, dan menyaksikan secara langsung betapa musik jazz telah mengaliri sekujur jiwa hingga ke ujung jari seorang Benny Green.

“Banyak peserta yang terpancing untuk kemudian menanyakan dan mengetahui langsung mengenai teknik di dalam musik jazz, seperti voicing dengan menggunakan tangan kiri, variasi coda, dan juga tidak jarang di antara mereka menanyakan bagaimana formasi trio ini membuat nyaman pemain satu dan pemain lainnya," kata Astrid Sulaiman selaku Vice President UVJF, yang turut hadir dalam workshop ini.

Sebagai sebuah event tahunan yang meramaikan jagad musik dunia, UVJF tidak segan-segan menunjukkan perangainya di kancah musik dunia.

Perhelatan akbar yang mengangkat akar Jazz ini akan diadakan pada tanggal 10 - 11 Agustus 2018 mendatang, di Arma Museum, Bali.

Workshop akan jadi upaya UVJF dalam mengenalkan maupun memasyarakatkan Jazz ke para pelajar atau mahasiswa sebagai bahan edukasi, dan mungkin improvisasi, di tengah kecamuk dunia. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help