Banjar Puri Chandra Asri Resmikan Bale Kulkul Elektronik, Dibunyikan dengan Keypad dan SMS

Banjar Puri Chandra Asri, Minggu (19/8/2018), meresmikan Bale Kulkul Elektronik di Bale Banjar Puri Chandra Asri

Banjar Puri Chandra Asri Resmikan Bale Kulkul Elektronik, Dibunyikan dengan Keypad dan SMS
Istimewa
Peresmian Bale Kulkul di Bale Banjar Puri Chandra Asri, Minggu (19/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Busrah Hisam Ardans

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Banjar Puri Chandra Asri, Minggu (19/8/2018), meresmikan Bale Kulkul Elektronik di Bale Banjar Puri Chandra Asri sekitar pukul 09.00 WITA pagi tadi.

Kulkul yang telah berdiri sejak tahun 1998 itu sebelumnya memiliki beberapa masalah, sehingga para pemuda dari STIKI Indonesia mencoba meriset dan kemudian mengembalikan fungsinya sedia kala.

Dewiadi sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kreativitas STIKI Indonesia saat diwawancarai tribun-bali.com pagi tadi mengatakan, awal pembentukan mesin pemukul otomatis Bale Kulkul ini karena lembaganya mengelola berbagai macam laboratorium, seperti laboratorium riset dan operasional perkuliahan.

Di sisi lain pihaknya mendapatkan permasalahan Kulkul di Banjar Puri Chandra Asri, sehingga menggugah pihaknya untuk mengembalikan budaya lokal.

"Kami mendapatkan permasalahan di sini. Nah, salah satu lab kami, dari lab sistem kendali melakukan riset menggunakan sistem microcontroller yang bisa diimplementasikan dalam banyak hal, seperti membuat alat pemukul kulkul otomatis ini," jelas dia.

Sementara Ngurah Desnajaya, Ketua Tim Cultim 1.0 STIKI Indonesia secara teknis mengungkapkan, cara kerja dari Kulkul Elektronik yang baru saja selesai dikerjakannya.

"Jadi ini bisa diakses dengan dua cara. Pertama Keypad dan SMS. Kalau keypad atau passwordnya hanya klian banjar yang bisa menghidupkan. Tapi kalau lewat SMS hanya nomor yang terdaftar saja yang bisa menggerakkan itu," ungkapnya.

Secara sederhana kata dia, timnya membuat teknologi itu agar lebih mudah diakses.

Apalagi fungsi Kulkul adalah mempersatukan.

Halaman
12
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved