Aplikasi Laut Nusantara Mudahkan Nelayan Kecil Terima Informasi Sebaran Ikan hingga Kondisi Cuaca

launching aplikasi digital yang akan membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja masyarakat nelayan Indonesia

Aplikasi Laut Nusantara Mudahkan Nelayan Kecil Terima Informasi Sebaran Ikan hingga Kondisi Cuaca
Tribun Bali/Karsiani Putri
Kepala Badan Riset & Observasi Laut, DR. I Nyoman Radiarta Msc, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Kepala Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA launching aplikasi untuk nelayan Laut Nusantara, di Kantor Balai Riset dan Observasi Laut, Jalan Baru Negara, Perancak, Jembrana, Bali, pada Kamis (30/8/2018). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUNBALI.COM, JEMBRANA - Kolaborasi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan XL Axiata Tbk'>PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melahirkan aplikasi digital yang akan membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja masyarakat nelayan Indonesia, yaitu aplikasi Laut Nusantara.

Aplikasi yang dibangun di atas sistem operasi Android ini 100 persen buatan Indonesia, dan mendapatkan dukungan penuh dari BROL untuk data kelautan yang dibutuhkan oleh nelayan.

Informasi yang terdapat di aplikasi Laut Nusantara mencakup aspek-aspek yang paling dibutuhkan oleh nelayan kecil, baik mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

Kepala Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA, Staf Ahli Menteri Kelautan & Perikanan, Dr. Aryo Hanggono, dan Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya meluncurkan aplikasi Laut Nusantara berbarengan dengan hari jadi BROL ke-13, di Pantai Perancak, Jembrana, Bali, Kamis (30/8/2018).

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc mengatakan, aplikasi Laut Nusantara ini memiliki basis data yang lengkap dan akan sangat bermanfaat bagi para nelayan di seluruh wilayah Indonesia.

"Selain informasi mengenai keberadaan ikan di lautan, juga ada informasi mengenai kondisi cuaca yang cukup lengkap, yang akan menjadi panduan sekaligus peringatan bagi para nelayan untuk mempertimbangkan keselamatannya," ucapnya.

Menurutnya, aplikasi ini dibangun terutama bagi para nelayan kecil perorangan yang selama ini sangat mengandalkan hasil tangkapan untuk menopang kehidupan keluarganya sehari-hari.

"Kami berharap, aplikasi ini benar-benar bisa membantu saudara-saudara nelayan kita untuk bisa menikmati kekayaan laut Nusantara di era digital," harapnya.

Sesuai dengan namanya, BROL merupakan satuan kerja pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penelitian dan observasi sumber daya laut di bidang fisika dan kimia kelautan, daerah potensial penangkapan ikan, dan perubahan iklim, serta pengkajian teknologi kelautan.

Halaman
1234
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved