Bali Paradise

Sempat Jadi TPA Warga Banjar, Kini Blangsinga Waterfall Tujuan Wisata Favorit

Blangsinga Waterfall di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, sebuah objek pariwisata tukad

Sempat Jadi TPA Warga Banjar, Kini Blangsinga Waterfall Tujuan Wisata Favorit
Istimewa
Wisatawan tengah menikmati spot wisata di Blangsinga Waterfall, di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kamis (30/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Blangsinga Waterfall di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, sebuah objek pariwisata tukad (sungai), yang saat ini digandrungi wisatawan.

Bahkan, objek wisata yang merupakan bagian dari sungai bersejarah, Tukad Petanu ini berhasil menyedot 500 wisatawan per harinya.

Pendapatan per bulan dari retribusi tiket masuk mencapai Rp 60 juta.

Dana tersebut kemudian dibagi dua yakni Rp 30 juta ke banjar atau Desa Pakraman Blangsinga, dan sisanya untuk pengelolaan destinasi pariwisata ini.

Berdasarkan data dihimpun Tribun Bali, Kamis (30/8/2018), di balik kesuksesan destinasi pariwisata tukad ini, ada sejumlah fakta memprihatinkan yang terjadi sebelum destinasi ini terkenal.

Sebelum tahun 2016, tepatnya di kawasan yang saat ini menjadi lahan parkir pengunjung, merupakan tempat pembuangan sampah warga banjar maupun sampah upakara.

Padahal saat ini, sejumlah wisatawan sudah melirik lokasi ini lantaran berada di atas air terjun terkenal yakni Air Terjun Tegenungan.

Lantaran terlalu banyaknya sampah yang mengotori tempat ini, para pemandu pariwisata enggan mengajak wisatawannya ke sini.

Bercermin dari kondisi tersebut, sejumlah warga Banjar Blangsinga, yakni I Made Suanta, Ketut Anggur, Nyoman Kolok, I Ketut Sudarpa, dan Ngurah Jes yang bekerja di dunia pariwisata, bahu membahu melakukan permbersihan kawasan tersebut.

Bahkan saat membersihkan sampah-sampah tersebut, mereka tidak dibayar sepeserpun.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help