Ramalkan Datangnya Zaman Edan Hingga Hari Kematiannya Sendiri, Begini Sosok Pujangga Ronggowarsito

Ronggowarsito dalam puisinya telah menyebutkan secara jelas bahwa ia akan meninggal dunia pada Rebo Pon

Ramalkan Datangnya Zaman Edan Hingga Hari Kematiannya Sendiri, Begini Sosok Pujangga Ronggowarsito
Istimewa
Ronggowarsito 

TRIBUN-BALI.COM – Seperti pertunjukan wayang kulit yang mampu menampilkan permainan bayang-bayang, orang Jawa cenderung senang memakai lambang tertentu untuk menyampaikan suatu pengertian.

Berikut ini kita simak tulisan Julius Pour yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi September 1975, dengan judul Ronggowarsito Sudah Meramalkan Hari Kematiannya.

Baca  : Diguyur Hujan Deras Pohon Santen Tumbang dan Tutupi Akses Jalan di Banjar Pabean
 

--

Suasana kehidupan di dalam lingkungan Kraton Solo pada pertengahan abad ke XIX, secara politis memang sulit. Meskipun demikian, dilihat dari perkembangan kesusasteraan Jawa, pertumbuhannya kelihatan cerah.

Pangkat yang lumayan, jabatan yang terhormat serta kedudukan yang menentukan dalam segala masalah surat-menyurat untuk kepentingan Raja masa itu, menyebabkan pergaulan Ronggowarsito semakin meluas.

Untuk kepentingan menanamkan pengaruh, Belanda juga menempatkan seorang penterjemah dalam lingkungan Kraton. Hubungan Ronggowarsito dengan mereka, atas dasar pangkat yang sama sebagai penterjemah, tetap baik.

Melihat kemampuan dan ketrampilannya mengajarkan bahasa Jawa, seorang sarjana Belanda C.F. Winter putera dari J.W. Winter penterjemah di dalam Kraton, meminta agar sebuah jabatan selaku Guru Besar Bahasa dan Kesusasteraan Jawa bisa diisi.

Baca : Duduki sebagai Artis Terkaya ke-2 Setelah Raffi Ahmad, Ini Kekayaan Tukul yang Jauh di Atas Syahrini
 

Meskipun memperoleh janji imbalan gaji sebulan 1.000 Gulden, selama 12 tahun dengan jaminan hak pensiun separo gaji dan berbagai fasilitas lain, Ronggowarsito tetap tidak mau menerima tawaran menjadi Mahaguru di negeri Belanda.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved