Akses Satu-satunya Rusak Tergerus Lahar Saat Erupsi, Warga dan BPBD Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Warga Sebudi, Kecamatan Selat bersama perbekel dan BPBD Karangasem meperbaiki jalan utama yang menghubungkan Dusun Sebudi dengan Dusun Sogra

Akses Satu-satunya Rusak Tergerus Lahar Saat Erupsi, Warga dan BPBD Perbaiki Jalan Secara Swadaya
Istimewa
Warga bersama BPBD Karangasem mengurug jalan yang menghubungkan Dusun Sebudi-Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Jumat (7/92018). Jalan tersebut rusak saat erupsi Gunung Agung. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Warga Sebudi, Kecamatan Selat bersama perbekel dan BPBD Karangasem meperbaiki jalan utama yang menghubungkan Dusun Sebudi dengan Dusun Sogra, Desa Sebudi, yang rusak lantaran tergerus lahar hujan saat erupsi.

Perbekel Desa Sebudi, I Komang Tinggal, Jumat (7/9/2018), mengatakan, perbaikan jalan dilakukan swadaya.

Dari desa memberikan dana untk pengadaan gorong-gorong sekitar 22 unit, BPBD menyewakan alat berat, sedangkan masyarakat membantu tenaga.

Pengerjaan dilakukan sejak Jumat pagi.

Gorong-gorong yang dipasang baru 9 unit.

Sisanya dipasang hari ini.

Jalan tergerus sepanjang 25 meter, sejak awal tahun 2018 itu akan diuruk tanah, dan di bawah sungainya diberikan gorong.

"Jalan ini akses satu-satunya warga Sogra. Bawah jalan ada sungai. Karena putus, warga Sogra sampai hari ini (kemarin) belum berani balik, masih di pengungsian di Banjar Dinas Tegeh, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat," kata Komang Tinggal.

Jalan sepanjang 1.420 meter akan diaspal oleh desa mengunakan anggaran dana desa (ADD) pada 2019.

Tujuannya untuk memperlancar proses evakuasi saat erupsi Gunung Agung, mempermudah anak-anak sekolah, dan meperlancar ekonomi warga.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved