Liputan Khusus

Kisahkan Kepiawaian Silat Pendiri Bakti Negara, Made Wirasana: Sekali Jabat Tangan, Lawan Rebah

Laki-laki 81 tahun itu duduk penuh ketenangan di beranda rumahnya di Banjar Kaliungu Kelod, Denpasar.

Kisahkan Kepiawaian Silat Pendiri Bakti Negara, Made Wirasana: Sekali Jabat Tangan, Lawan Rebah
Tribun Bali/Ni Ketut Sudiani/ist
I Made Wirasana 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Laki-laki 81 tahun itu duduk penuh ketenangan di beranda rumahnya di Banjar Kaliungu Kelod, Denpasar.

Mengenakan pakaian putih lengan panjang dengan kerah hingga menutupi leher, serta kakinya berbalut sarung bernuansa ungu kotak-kotak, masih jelas terpantul dalam dirinya aura sang pendekar silat. 

Di rumah sederhana di Jalan Rambutan itulah dirinya memilih untuk menepikan diri, setelah hampir 40 tahun lamanya meninggalkan dunia pencak silat.

Barangkali pula kini tidak banyak lagi yang mengenal sosok ini. Ia pun menyadari bahwa mungkin saja memang sudah jalan hidupnya untuk menjauh dari segala keriuhan dan popularitas.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa sosok inilah satu dari sedikit saksi hidup lahir dan tumbuhnya Perguruan Pencak Silat Bakti Negara.

Baca : Sejarah Lahirnya Perguruan Silat Bakti Negara Hingga Torehkan Prestasi Mengagumkan Ini Bagi Bali
 

Perguruan ini belakangan terus mendapat sorotan media karena keberhasilan anak-anak didiknya menumbangkan para pesilat di Asian Games 2018.

Apa yang mereka kini tuai, tentu tidak lepas dari catatan panjang sejarah perintisan perguruan yang kali pertama muncul di Banjar Kaliungu Kaja Denpasar ini.    

I Made Wirasana sempat langsung berguru dengan pendiri Bakti Negara yakni Anak Agung Rai Tokir dan Bagus Made Rai Keplag.

Ia pula yang kerap diberikan kepercayaan oleh Guru Besar Persatuan Seni Pencak Silat Bakti Negara, I Bagus Alit Dira (alm), yang saat itu merupakan ketua para pendekar.

Halaman
123
Penulis: Ni Ketut Sudiani
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved