Imunisasi MR Sasar Luar Sekolah, Tahun Ini Ditemukan 14 Kasus Campak dan 65 Rubella

Memasuki pertengahan September 2018 total cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) tahap II di seluruh Provinsi Bali mencapai 75,65 persen

Imunisasi MR Sasar Luar Sekolah, Tahun Ini Ditemukan 14 Kasus Campak dan 65 Rubella
Kolase Tribun Bali
Imunisasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Memasuki pertengahan September 2018 total cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) tahap II di seluruh Provinsi Bali mencapai 75,65 persen atau 728.409 anak.

Pada imunisasi tahap dua ini lebih menyasar pada anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di luar lingkungan sekolah, yakni posyandu banjar, termasuk kepada anak-anak putus sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya mengatakan, pelaksanaan imunisasi MR dengan tenggat akhir September 2018 ini diharapkan bisa menuntaskan target cakupan 95 persen atau sebanyak 962.810 anak.

Dikatakannya, upaya pencegahan ini dilakukan mengingat kasus penyakit campak dan rubella tergolong berat dan fatal hingga bisa menyebabkan kematian.

Menurutnya, penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis) hingga gizi buruk.

Sementara, rubella bahkan bisa menyebabkan penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada anak.

Rubella juga bisa menulari ibu hamil yang juga berakibat fatal pada kandungan.

"Bisa mengakibatkan kecacatan (sindroma rubella kongenital) dan juga keguguran. Ini yang harus kita cegah dan jaga angka kasus penularannya di Bali," papar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, Rabu (12/9/2018).

Berdasarkan data yang diperoleh Tribun Bali dari laboratorium kesehatan, jumlah penderita campak dan rubella di Bali mencapai 176 kasus campak dan 126 kasus rubella pada 2017.

Namun, hingga pada pertengahan 2018 ini, angka kasus penyakit ini menunjukkan penurunan, yakni hanya ditemukan 14 kasus campak dan 65 kasus rubella hingga saat ini.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved