Pangdam IX/Udayana Beri Pesan pada 304 Orang Babinsa soal Pentingnya Peran Desa

Babinsa ialah ujung tombak dari satuan TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial di tingkat desa

Pangdam IX/Udayana Beri Pesan pada 304 Orang Babinsa soal Pentingnya Peran Desa
Istimewa
Pangdam Udayana beri arahan dalam Pendidikan Pembentukan Khusus Babinsa yang diikuti oleh 304 orang di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sesuai dengan kebutuhan organisasi terutama dalam pemenuhan personel Babinsa, Kodam IX/Udayana, Rabu (12/9/2018) kemarin menutup Pendidikan Pembentukan Khusus Babinsa yang diikuti oleh 304 orang di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan. 

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya menyampaikan Babinsa ialah ujung tombak dari satuan TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial di tingkat desa, karena itu Babinsa menjadi sangat penting.

"Artinya, bagi TNI Angkatan Darat dalam rangka menyiapkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, agar memiliki Ruang, Alat, dan Kondisi juang yang tangguh sesuai dengan sistem pertahanan Negara Indonesia yakni Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta)," ucapnya.

Walaupun lingkup tugas Babinsa hanya sebatas desa ujar dia, namun memiliki pengaruh yang besar.

"Tdak bisa dipungkiri, bahwa justru di desa lah tempat yang paling strategis untuk mengawali pembangunan bangsa menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur”, demikian ujar dia.

Usai upacara, Pangdam juga memberikan pengarahan yang pada intinya menekankan pada profil Prajurit Kodam IX/Udayana, menjadi Babinsa agar profesional dalam melaksanakanan tugas, memiliki loyalitas, bangga terhadap profesi dan mampu membangun kebersamaan.

"Para Babinsa harus mampu melaksanakan tugas mulia ini, oleh karena itu materi pelajaran yang sudah diperoleh di Lembaga Pendidikan Rindam IX/Udayana ini agar terus dipelajari dan diperdalam di tempat tugas masing-masing, para Babinsa harus benar-benar menguasai Lima Kemampuan Teritorial dan mahir dalam penerapannya di lapangan," terangnya.

Selain itu, Benny juga memberi pesan untuk menerapkan sikap teritorial dengan tulus hati, tegur sapa, murah senyum dan santun, menghargai adat istiadat masyarakat setempat, dan tahu berterima-kasih.

Itu semua tambahnya, mewujudkan seluruh warga desa akan menjadi mitra karib dari Babinsa itu sendiri, sehingga pelaksanaan tugas sebagai Babinsa akan dapat berjalan dengan maksimal. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved