Dampak Perkembangan Industri dari Agraris ke Jasa Bagi Masyarakat Bali

Yang dulunya kental dengan konsep agraris berubah jadi industri yaitu industri jasa, sehingga banyak perubahan yang dialami masyarakat Bali

Dampak Perkembangan Industri dari Agraris ke Jasa Bagi Masyarakat Bali
Tribun Bali/Putu Supartika
Seminar Reformasi Ritual Upacara dan Upakara Ngaben yang dilaksanakan oleh Pinandita Sanggraha Nusantara Korda Kota Denpasar, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Perubahan secara global dalam kehidupan di Bali terjadi sangat pesat.

Yang dulunya kental dengan konsep agraris berubah jadi industri yaitu industri jasa, sehingga banyak perubahan yang dialami masyarakat Bali.

Ida Rsi Bujangga Waisnawa Putra Sara Satya Jyoti, yang menjadi pembicara dalam Seminar Reformasi Ritual Upacara dan Upakara Ngaben, yang dilaksanakan oleh Pinandita Sanggraha Nusantara Korda Kota Denpasar mengatakan, ketika masih dalam tatanan kehidupan masyarakat agraris berjalan dengan baik, agama Hindu juga diperkaya dengan budaya-budaya dari kehidupan masyarakat agraris itu sendiri.

"Hal ini dapat berlangsung dengan baik karena dalam kehidupan masyarakat agraris, peluang waktu atau jedah waktu sangat panjang, yang mana ketika musim tanam selesai serta menjelang musim panen tiba waktu luang untuk bersantai dan berkreasi sangat banyak. Banyak kreasi-kreasi dan budaya-budaya yang adiluhung muncul, karena dalam masyarakat agraris kehidupan masyarakat tidak begitu banyak dikejar oleh waktu. Hari raya keagamaan, upacara-upacara keagamaan akan sangat semarak dengan balutan-balutan budaya yang sangat indah dan bernilai tinggi, sehingga kebahagiaan masyarakat terpancar di mana-mana," kata Ida, Minggu (16/9/2018) di Gedung Santi Graha Denpasar.

Namun saat pengaruh globalisasi masuk ke Bali, banyak masalah-masalah yang timbul khususnya yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan.

Masyarakat Bali yang dulu bisa berleha-leha kini harus bersaing dengan ketat.

Beberapa pengaruh industri ini terhadap masyarakat Bali menurut Ida yaitu sebagai berikut.

1. Menyempitnya lahan pertanian karena berubah jadi tempat industri dan perumahan.

2. Pola kehidupan juga berubah baik pola makan hingga penampilan.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved