Lanal Denpasar Sambut 10 Putra-putri Bali yang Ikut Pelayaran Lintas Nusantara

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, sebelumnya telah mengirimkan 10 orang peserta untuk mengikuti Pelayaran Lintas Nusantara

Lanal Denpasar Sambut 10 Putra-putri Bali yang Ikut Pelayaran Lintas Nusantara
Istimewa
10 orang peserta yang ikut Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora diterima Danlanal Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM,DENPASAR - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, sebelumnya telah mengirimkan 10 orang peserta untuk mengikuti Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora yang dimulai 29 Agustus sampai dengan 11 September 2018 di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pelepasan peserta dari anggota Pramuka yang berasal dari Satuan Karya Pramuka Bahari binaan Potensi Maritim Lanal Denpasar, dilakukan Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, selaku Kamabinsaka Saka Bahari Lanal Denpasar di Mako Lanal Denpasar, Agustus yang lalu.

Seluruh peserta Pelantara dari Lanal Denpasar tersebut yang dipimpin oleh Pamong Saka PNS Siti Aminah didampingi oleh Paspotmar Lanal Denpasar Mayor Laut (KH) Dewa Ketut Dana Susila tiba kembali di Mako Lanal Denpasar dan diterima langsung oleh Danlanal Denpasar di Lobby Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Jumat (14/09/2018) kemarin.

"Pelantara VIII merupakan upaya Pimpinan TNI AL dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya Saka Bahari," kata Danlanal Denpasar.

Kesepuluh peserta tersebut, lanjut Danlanal, merupakan putra-putri terbaik di sekolahnya masing-masing.

Danlanal menyampaikan bahwa sebagai generasi muda, harus bersemangat dan menjaga nama baik dalam setiap mengikuti kegiatan serta selalu memperlihatkan jiwa bahari selama mengikuti kegiatan.

Dalam moment ini para anggota Pramuka Saka Bahari mengenal lebih dekat dunia kemaritiman serta sebagai ajang silaturahmi antar anggota Pramuka Saka Bahari.

"Pelantara merupakan upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme bagi para pemuda, serta menyebarkan rasa kecintaan kebaharian di kalangan masyarakat, sekaligus membangkitkan persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dalam kerangka NKRI," jelas Danlanal melalui keterangan pers yang diterima tribun-bali.com, Sabtu kemarin.

Saka Bahari sebagai wadah pembinaan keterampilan dan pengembangan wawasan bidang maritim yang selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan sehingga dapat mewujudkan sakabahari yang terampil dan cakap di bidangnya.

Pembinaan gerakan pramuka merupakan bagian upaya pembinaan sumber daya manusia khususnya generasi muda dalam rangka pembinaan potensi maritim, melalui sakabahari dapat diarahkan pada upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air, cinta bahari, pembangunan karakter yang berbudaya dan berwawasan maritim.

Diakhir sambutannya Danlanal Denpasar mengucapkan selamat datang kembali di Bali mudah-mudahan apa yang didapat selama mengikuti kegiatan Pelantara ke VIII itu bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sekali lagi kami sebagai Komandan Lanal Denpasar beserta seluruh Staf dan Anggota mengucapkan Selamat dan Sukses untuk seluruh peserta Pelantara VIII kontingan dari Bali," pungkasnya. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved