The Nubanara Institute Sarankan Flores Bangun Pariwisata Mengikuti Jejak Bali

Pesona pariwisata Flores tengah berkembang saat ini. Banyak destinasi wisata yang diminati turis

The Nubanara Institute Sarankan Flores Bangun Pariwisata Mengikuti Jejak Bali
Tribun Bali/Busrah Ardans
Diskusi perdana The Nubanara Institute, digelar di Museum Bung Karno Jalan Puputan Raya Renon, Jumat (21/9/2018), pukul 16.00 WITA tadi. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pesona pariwisata Flores tengah berkembang saat ini.

Banyak destinasi wisata yang diminati turis, seperti Labuan Bajo, Komodo, Sumba, Maumere, Larantuka dan lainnya.

Sebagaimana Bali, yang telah membangun pariwisata puluhan tahun lalu, Flores pun disarankan bisa mengikuti jejak Bali dalam meningkatkan potensi pariwisata.

Ini seperti diungkapkan The Nubanara Institute, Institute for social affairs yang mengkaji masalah-masalah sosial termasuk pariwisata.

Komunitas yang dipenuhi anak muda Flores yang bermukim dan bekerja di Bali tengah mendiskusikan destinasi wisata Flores.

Igo Kleden sebagai Pengamat Pariwisata Flores mengungkapkan, Flores merupakan destinasi wisata penting yang sudah mendunia hingga kini.

Apolo Daton sebagai Direktur Eksekutif The Nubanara Institute mengatakan, potensi wisata Flores banyak dan bisa mengikuti jejak Bali.

Dia mengungkapkan, yang diperlukan dalam pariwisata salah satunya ialah memunculkan keaslian dan keontetikan Flores sebagaimana Bali melakukannya.

"Masyarakat luar, domestik dan mancanegara itu melihat dan mencari karakter, tradisi dan keaslian suatu masyarakat. Ini seperti Bali yang menjaga tradisi, adat dan nilai-nilai di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, secara teknis dan kebijakan misalnya, baiknya juga bisa mencontohi Bupati Badung dengan kebijakan sederhananya yakni membuat penginapan sederhana tetapi dengan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang nyaman.

Halaman
12
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help