Hasilkan Berbagai Produk Cantik dari Bahan Kepompong Ulat Sutra

Kini hadir kembali salah satu wanita kreatif yang menampilkan berbagai hasil karya indah

Hasilkan Berbagai Produk Cantik dari Bahan Kepompong Ulat Sutra
Tribun Bali/Karsiani Putri
Produk Olahan - Perajin kepompong ulat sutra, Putu Suandewi menunjukkan tas dengan bahan dasar kepompong ulat sutra serta suede, Minggu (23/9/2018) di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Bali. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUNBALI.COM, DENPASAR - Kini hadir kembali salah satu wanita kreatif yang menampilkan berbagai hasil karya indah dengan memanfaatkan kepompong ulat sutra sebagai bahan baku utama.

Putu Suandewi, wanita yang telah lama mengembangkan berbagai produk unik nan kreatif berbahan dasar kepompong ulat sutra, menuturkan kepada Tribun-Bali.com mengenai dua bahan pokok utama yang digunakannya, yakni kepompong budidaya serta bukan budidaya atau liar.

“Biasanya untuk bahan yang bukan budidaya atau liar tersebut adanya di pohon mete, alpukat, kedongdong, dan oleh petani kepompong tersebut dibuang dan dibakar karena dianggap menggangu, tapi kini kami bersama-sama dengan petani mengumpulkan kepompong tersebut dan kembangkan menjadi pernak-pernik,” ucap Suandewi.

Produk-produk yang telah dihasilkan yaitu aksesori seperti hiasan rambut, anting, cincin, tas, serta masih banyak lainnya produk yang memiliki nilai ekonomis.

Harga yang dibanderol untuk aksesori yakni mulai dari harga Rp 10 ribu sampai dengan Rp 150 ribu, dan dari semua produk yang ditawarkan, aksesori penjepit rambut merupakan item favorit pengunjung.

Dirinya menuturkan bahwa terdapat banyak sekali produk yang bisa dikembangkan dengan bahan dasar kepompong, dan itu semua kembali lagi kepada tingkat kreativitas serta keinovatifan perajinnya.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk-produk olahan kepompong ulat sutra yang dikembangkan oleh perajin Putu Suandewi, dapat langsung mengunjungi beliau di Jalan Pulau Misol 66, Denpasar, Bali serta dapat juga mengecek berbagai produknya di sosial media Cocooncraft. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved