Berita Banyuwangi

F‎estival Santri hingga Gandrung Sewu Meriahkan Banyuwangi Festival di Bulan Oktober

Selama Oktober, Banyuwangi Festival (B-Fest) yang menghadirkan sederet atraksi yang menarik.

F‎estival Santri hingga Gandrung Sewu Meriahkan Banyuwangi Festival di Bulan Oktober
Surya/Istimewa
Gandrung Sewu akan kembali digelar bulan ini. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Selama Oktober, Banyuwangi Festival (B-Fest) yang menghadirkan sederet atraksi yang menarik.

Mulai dari Festival Santri, Festival Kopi, hingga atraksi tari kolosal Gandrung Sewu yang akan digelar di Pantai Boom Marina.

Rangkaian B-Fest akan dimulai pada akhir pekan ini, Sabtu 6 Oktober 2018 dengan agenda Festival Kuntulan Caruk.

Kuntulan atau hadrah kuntul merupakan kesenian asli Banyuwangi dengan jenis peralatan yang khas berupa alat musik ritmis, yang disebut terbang.

"Kuntulan caruk artinya kuntulan yang akan saling bertemu (caruk) untuk bertanding antar grup. Jadi akan ramai. Acaranya di Gesibu (Gedung Seni Budaya -red)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, Jumat (5/10/2018).

Di hari yang sama, Sabtu-Minggu (6-7 Oktober 2018), juga digelar Festival Perahu Hias yang menampilkan miniatur raksasa berbagai jenis kapal, mulai kapal perang, kapal pesiar yang panjangnya mencapai 20-30 meter.

Kapal-kapal ini akan melintas di sepanjang Sungai Pekalen Sampean, Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo sejauh 1,7 kilometer pada malam hari.

Berikutnya, pada 16-17 Oktober 2018 akan digelar Festival Kopi.

Wisatawan yang ingin mendapatkan edukasi tentang pemrosesan kopi yang tepat bisa langsung bergabung dalam coffee processing festival, yang digelar selama dua hari, Selasa-Rabu tersebut.

“Selain menggelar beragam festival yang menghibur, Banyuwangi juga mengadakan kegiatan yang sarat edukasi, salah satunya coffee processing festival ini. Kami datangkan para pakar kopi untuk memberikan edukasi kepada para pekebun kopi dan pelaku usaha kopi, bagaimana menghasilkan produk kopi kualitas terbaik,” kata Bramuda.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved