'Teman Keuangan' Jadi Tips Simpel Mengurangi Pengeluaran Sekaligus Menambah Tabungan

Jika Anda ingin meningkatkan tabungan dan mengurangi pengeluaran, perencana keuangan Chris Hogan asal Amerika Serikat memberikan tipsnya

'Teman Keuangan' Jadi Tips Simpel Mengurangi Pengeluaran Sekaligus Menambah Tabungan
Thinkstock via Kompas.com
Ilustrasi Tabungan. 

TRIBUN-BALI.COM - Jika Anda ingin meningkatkan tabungan dan mengurangi pengeluaran, perencana keuangan Chris Hogan asal Amerika Serikat memberikan tipsnya.

Seperti dilansir Foxbusiness, dia menyebutkan, untuk dapat meningkatkan jumlah dana dalam tabungan Anda, kemampuan untuk mengelola keuangan dan akuntabilitas adalah hal yang penting agar tetap fokus dan tidak mudah terganggu.

Salah satu faktor penting adalah keberadaan 'teman keuangan'.

Menurut Hogan, teman keuangan ini adalah seseorang yang dipercaya dan disegani, artinya, orang tersebut memahami dan bersedia untuk menghentikan kegiatan konsumsi yang tidak perlu.

"Anda perlu untuk menemukan seseorang yang sangat jelas dan dapat berkata jujur, yang membuat Anda tetap berada pada jalur, sehinga Anda tidak lagi terganggu hanya karena diskon di mal atau di tempat lain. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih fokus," ucapnya.

Sedangkan untuk tabungan jangka panjang, dia mengatakan, seseorang perlu untuk menyadari pentingnya penganggaran, seperti berapa banyaknya uang yang masuk dan diperlukan untuk keluarga dan gaya hidup.

Selain itu, seseorang juga perlu jujur mengenai situasi dan kelemahan kondisi keuangan kepada 'rekan keuangan' agar kemitraan tersebut berjalan dengan baik.

"Saya pikir ketika Anda menemukan seseorang dengan kemampuan yang lebih dari Anda, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan (tabungan), tapi sekali lagi, Anda harus jujur," ujar dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tips Simpel Perbanyak Tabungan sekaligus Kurangi Pengeluaran

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved