150 Jet Pribadi dan Carter Antarkan Para Tamu VVIP IMF-Bank Dunia ke Bali

Dari slot pada hari biasa sebanyak 30 penerbangan per jam, menjadi 35 penerbangan per jam pada 9-12 Oktober ini.

150 Jet Pribadi dan Carter Antarkan Para Tamu VVIP IMF-Bank Dunia ke Bali
Tribun Baliu / Rizal Fanany
Petugas Airnav Indonesia Cabang Denpasar memantau lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Badung, Senin (8/10/2018). Pantauan lalu lintas ini juga untuk persiapan pengaturan pelayanan penerbangan delegasi IMF-WB 2018 

TRIBUN-BALI.COM, NUSA DUA - Puncak kedatangan para kepala negara atau tamu VVIP (Very Very Important Person) dalam rangka Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua akan terjadi Selasa (9/10/2018) hari ini hingga 12 Oktober nanti.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto menyampaikan, untuk melayani penerbangan VVIP tersebut, ada penambahan slot penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dari slot pada hari biasa sebanyak 30 penerbangan per jam, menjadi 35 penerbangan per jam pada 9-12 Oktober ini.

“Sementara data yang masuk ke kami, kedatangan tamu VVIP dengan jet pribadi dan pesawat carter serta reguler sekitar 150 flight (penerbangan) bahkan bisa lebih pada 9-12 Oktober. Itu jumlah yang cukup banyak. Sebab, pebisnis kan tiba-tiba bisa langsung balik ke negara asalnya menggunakan jet pribadinya. Oleh karena itu, untuk dapat menampung pergerakan pesawat tersebut kami dengan Angkasa Pura dan Otoritas Bandara sudah mempersiapkan diri,” jelas Novie Riyanto dalam jumpa pers di Kantor AirNav di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (8/10/2018).

Dari data yang didapatkan AirNav, terdapat 24 flight VVIP dengan menggunakan Notam (Note to Airmen) khusus, yakni 12 kedatangan dan 12 keberangkatan.

Penerbangan tamu VVIP itu di antaranya adalah flight Presiden Jokowi, kepala negara/pemerintahan Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Kamboja, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, Laos dan Swiss.

AirNav mengaku tidak mengetahui rincian waktu kedatangan para tamu VVIP, karena hal itu diatur oleh pihak protokol tamu dan biasanya diberitahukan secara mendadak.

"Misalnya, malam diinformasikan oleh protokol bahwa pagi hari akan landing pesawat tamu VVIP. Tapi informasi tersebut tidak untuk konsumsi media atau pihak lain," ucap seorang staf AirNav Indonesia yang tengah bertugas di Manara ATC Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Untuk tamu VIP terdapat 64 flight.

Rinciannya, kedatangan sebanyak 32 flight dan keberangkatan 32 flight.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help