Menteri Tenaga Kerja Sebut Angka Pengangguran di Bali Terkecil Se-Indonesia, Ini Alasannya

Angka pengangguran di Indonesia cenderung menurun dan khususnya di Bali merupakan yang paling kecil.

Menteri Tenaga Kerja Sebut Angka Pengangguran di Bali Terkecil Se-Indonesia, Ini Alasannya
Tribun Bali / Busrah Hisyam Ardans
Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri saat bernyanyi di acara Forum Hubungan Industrial dengan tema Penguatan Dialog Sosial Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, kemarin. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Angka pengangguran di Indonesia cenderung menurun dan khususnya di Bali merupakan yang paling kecil. 

Hal ini dikatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri pada, Senin, (8/10/2018) dalam acara Forum Hubungan Industrial dengan tema Penguatan Dialog Sosial Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Forum Rembug Tripartit Regional 1 Tahun 2018 di Prime Plaza Hotel, Sanur,Bali.

"Angka pengangguran nasional kita kan 5,1 persen yang berarti angka paling kecil sejak masuk era reformasi. Jadi trennya menurun," kata Hanif. 

Selain itu kata dia perjalanannya selama empat tahun ini dikatakan on the track karena berhasil membuat angka kemiskinan menurun. 

"Kemiskinan menurun, pengangguran menurun, ketimpangan sosial juga menurun. Alhamdulillah selama empat tahun ini kita on the track dan kemajuan kita capai termasuk di bidang ketenagakerjaan," katanya lagi. 

Namun ia berharap kedepannya penciptaan tenaga kerja skil bisa lebih banyak dan pekerjaan lebih berkualitas. 

Ia menyebut Bali merupakan Provinsi yang memiliki tingkat pengangguran yang kecil karena iklim usaha dan tenaga kerjanya baik dan bisa menjadi contoh daerah lainnya. 

"Iya tentu Bali ini karena iklimnya baik yah, ekosistem. Jadi banyak hal, investasi lah, dan ketenagakerjaan saya kira baik lah, banyak investasi yang masuk, kondisi dan stabilitasnya bagus. Saya pikir ini bisa jadi contoh bagi daerah lainnya. Apalagi industri yang dikembangkan adalah Jasa," sebutnya. 

Sektor jasa ini menjadi penekanan Hanif karena ia menilai tren sektor pekerja di masa mendatang ialah jasa. 

"Saya pikir ini nyambung karena sektor jasa menjadi peran kunci dalam perkembangan ekonomi dunia. Dan saya tadi sempat berbicara dengan Kadisnaker Provinsi Bali, di sini memang yang berkembang itu Jasa, Pertanian, Industri Kreatif berbasis budaya, menjadi prioritas perkembangan di Bali," jelasnya. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved