Seniman Bali “Persembahkan” Puluhan Kartun dan Poster untuk IMF-World Bank

Tak kurang dari 80 karya kartun dan poster dipajang di Jatijagat, Kampung Puisi, Renon, Denpasar, Rabu (10/10/2018) sore.

Seniman Bali “Persembahkan” Puluhan Kartun dan Poster untuk IMF-World Bank
Tribun Bali/Bambang Wiyono
80 karya kartun dan poster dipajang di Jatijagat, Kampung Puisi, Renon, Denpasar, Rabu (10/10/2018) sore. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR  - Tak kurang dari 80 karya kartun dan poster dipajang di Jatijagat, Kampung Puisi, Renon, Denpasar, Rabu (10/10/2018) sore.

Karya seni yang banyak bercerita tentang kerusakan lingkungan dan peminggiran rakyat ini akan dipajang untuk umum hingga Minggu (14/10).

Ini adalah pameran yang digelar aktivis ProDem Bali bersama koalisi Gerak Lawan untuk mengkiritisi pertemuan tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua.

"Ini untuk menjaga akal sehat kita. Jangan menerima begitu saja tanpa memahami kepentingan di balik “kebaikan” mereka (IMF-Word Bank)," kata Koordinator ProDem Bali, Nyoman Mardika.

Di banyak kasus, kata dia, kedua lembaga itu, IMF dan Word Bank bukannya mendorong kemakmuran tetapi justru menciptakan ketergantungan.

Mardika juga mengkritisi “mencekamnya” pengamanan pertemuan tahunan itu. Bahkan ada yang mencoba membenturkan sesama warga dalam menyikapi pertemuan IMF-Word Bank tersebut.

“Ada penguasa yang mendikotomikan warga Bali dan bukan. Perlu dipahami bahwa ini pertemuan bank dunia, maka wajar jika menjadi perhatian warga seluruh dunia. Ini bukan pertemuan bank pembangunan daerah. Biasa saja lah,” ujar Mardika.

Karya-karya yang dipajang adalah karya kartunis Bali Gus Dark, sedang poster adalah karya Alit Ambara bersama Nobody Corp.

Selain itu ada juga karya mural oleh komunitas Jamur, karya komik serta lukisan yang langsung digarap di lokasi. Sejumlah seniman asing terlibat dalam acara ini seperti dari Afrika Selatan dan Belanda.

Aktivis ProDem Bali I Gusti Ngurah Karyadi mengungkapkan, pameran ini dibingkai dengan tema "Dari Globalisasi ke Gombalisasi menuju Go-Balisasi".

Halaman
12
Penulis: Bambang Wiyono
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved