AirAsia Gandeng Google Cloud Menjadi Perusahaan Perjalanan Berbasis Teknologi

AirAsia tengah bekerja sama dengan Google Cloud untuk mengintegrasikan teknologi mesin pembelajaran dan kecerdasan buatan

AirAsia Gandeng Google Cloud Menjadi Perusahaan Perjalanan Berbasis Teknologi
Istimewa
AirAsia kerja sama dengan Google Cloud. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, LONDON - AirAsia tengah bekerja sama dengan Google Cloud untuk mengintegrasikan teknologi mesin pembelajaran (machine learning) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) ke dalam semua lini bisnis dan budaya perusahaan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah strategis AirAsia mentransformasi diri menjadi sebuah perusahaan berbasis teknologi yang melayani semua kebutuhan perjalanan.

“AirAsia telah menjadi yang terdepan dalam mengadopsi teknologi digital sejak didirikan tahun 2001. Sekarang kami berada dalam fase lanjutan untuk mengembangkan bisnis perusahaan menjadi lebih dari sekadar perusahaan transportasi, yaitu dengan mendigitalisasi operasional dan proses sehingga menjadi lebih efisien,” jelas CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, seperti rilis yang diterima Tribun, Kamis (11/10/2018).

Google Cloud memungkinkan AirAsia memaksimalkan penggunaan data yang dimiliki, membuka kesempatan baru dan memungkinkan membangun unit bisnis baru.

"Kami membangun dua platform utama, yaitu airasia.com yang akan menjadi platform berbasis teknologi, yang memudahkan pelanggan memesan segala produk perjalanan mulai dari tiket penerbangan, akomodasi, tur, transportasi darat hingga hiburan.

Kedua adalah BigLife, portal gaya hidup yang menggabungkan fitur-fitur seperti yang terdapat pada Kayak, TripAdvisor, Groupon dan eBay dalam satu situs.

"BigLife akan mengintegrasikan seluruh fitur digital yang dibangun oleh unit bisnis digital kami, RedBeat Ventures, seperti aplikasi uang digital BigPay, fitur konektivitas dalam pesawat ROKKI, toko online Ourshop, layanan logistik RedBox dan RedCargo," tambahnya.

“Kedua platform ini akan semakin membuka luas peluang bisnis yang dapat dikembangkan oleh AirAsia melalui data yang terkumpul,” ungkap Tony.

CEO Google Cloud, Diane Greene menyampaikan, proses transformasi AirAsia sudah dimulai sebelumnya dengan penggunaan G Suite yang telah mengubah cara kerja organisasinya.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved