Haru Biru Wayan Syukuri Keberadaan JKN-KIS

Dari tahun 2006 dirinya telah dibiayai oleh pemerintah melalui program Jamkesmas, dan berlanjut pada era BPJS Kesehatan dari tahun 2014

Haru Biru Wayan Syukuri Keberadaan JKN-KIS
Istimewa

TRIBUN-BALI.COM - Wayan Wara (45), salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), aktif memanfaatkan jaminan dari BPJS Kesehatan untuk menjalani cuci darah rutin dua kali dalam seminggu.

Dari tahun 2006 dirinya telah dibiayai oleh pemerintah melalui program Jamkesmas, dan berlanjut pada era BPJS Kesehatan dari tahun 2014.

Keseharian Wayan hanya beraktivitas ringan di rumah karena fisiknya sudah tergerus oleh sakit yang 12 tahun telah dideritanya.

Meskipun tanpa seorang buah hati yang menemani ternyata tidak menyurutkan semangatnya dalam menjalani hidup karena ada istrinya Ni Made Murti (43), yang selalu memberinya dorongan untuk tegar dan kuat.

Dalam hal menjalani pengobatan pun dirinya selalu didampingi sang istri, sekaligus yang mengurus administrasi JKN-KIS.

Pria yang berasal dari Banjar Bayad, Desa Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali ini nampak sangat terharu ketika dikunjungi petugas BPJS Kesehatan Kesehatan ke kediamannya.

Setiap kata yang disampaikannya selalu bergetar dan lirih oleh air matanya.

Hal ini karena dirinya merasa sangat dibantu oleh program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, bahkan saat itu istri dan orang tuanya pun ikut menangis dan tiada henti mengucapkan terima kasih.

“Saya sangat merasa terbantu dengan adanya program JKN-KIS ini, dari awal saya sakit hingga sekarang pengobatan saya dijamin, jika tidak ada program ini, saya tidak tahu lagi harus melakukan apa-apa dan saya sempat merasakan pasrah seperti itu. Semoga program ini selalu dapat membantu rakyat kecil seperti saya,” ungkap Wayan sambil mengusap air matanya.

Dirinya pun mengaku selama 12 tahun dibantu program Jamkesmas dan JKN-KIS tidak ada biaya sepeserpun yang dikeluarkannya.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved