Kementerian Koperasi dan UKM Punya Program Bantuan Dana Khusus untuk Wirausaha Pemula

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI mempunyai program berupa bantuan wirausaha pemula

Kementerian Koperasi dan UKM Punya Program Bantuan Dana Khusus untuk Wirausaha Pemula
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Evaluasi Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan oleh Bappenas RI di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali pada Kamis, (11/10/2018). 

Laporan wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI mempunyai program berupa bantuan wirausaha pemula.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat, koperasi atau UKM yang telah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin menerangkan, bantuan diberikan dengan harapan para wirausaha pemula dapat lebih bersemangat sehingga dapat bekerja lebih keras kedepannya.

"Kemudian mereka bisa menambah modal, lebih berinovasi, kemudian apabila mereka usahanya produk (dapat) memililih packaging lebih baik, kemudian bisa memperluas usahanya menambah jaringan, dan sebagainya," terangnya.

Keterangan itu Christina berikan ketika ditemui Tribun Bali usai mengikuti acara Evaluasi Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan, di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali pada Kamis (11/10/2018).

Nominal yang diberikan kepada wirausaha pemula ini, kata Christina, pada tahun ini mulai dari Rp 10 juta hingga Rp13 juta.

Pada gerakan mahasiswa wirausaha yang dijalankan beberapa waktu lalu, bantuan ini diberikan kepada 20 orang siswa terbaik yang mengembangkan usaha.

Untuk mengambil peluang ini, para wirausahawan harus mengajukan ke Kementerian Koperasi dan UKM dengan proposal wirausaha.

Saat ditanya mengenai antusias generasi muda Bali dalam berwirausaha, Christina mengatakan bahwa kondisinya cukup bagus.

"Karena kultur orang Bali itu orangnya kreatif-kreatif. Kemudian Bali memang dari leluhurnya sudah terlatih jiwa wirausahanya cukup tinggi," terangnya.

Menurutnya, orang Bali telah terbiasa memiliki usaha sejak kecil.

Hal ini dapat dilihat dari keberagaman jenis produk yang ditawarkan.

"Pokoknya Bali is the best lah," pungkas Christina. (*)

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help