Menteri Bappenas Siapkan Strategi Tingkatkan Ekonomi Kreatif, Eko Cahyono: Ini Momentum Untuk Bali

Menteri Bappenas menyatakan Bali memerlukan langkah strategis untuk menanggulangi sektor pariwisata yang cukup riskan

Menteri Bappenas Siapkan Strategi Tingkatkan Ekonomi Kreatif, Eko Cahyono: Ini Momentum Untuk Bali
Tribun Bali/I Putu Supartika
I Made Kanan Jaya saat memperlihatkan hasil kerajinan patung berbahan serbuk kulit kerang 

TRIBUN-BALI.COM- Bali merupakan Provinsi terbaik ke empat di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari tingginya pertumbuhan ekonomi, rendahnya angka kemiskinan, tingginya kapabilitas penduduk dalam mengakses berbagai kesempatan, serta tingginya persamaan gender serta kesenjangan sosial yang rendah. 

Hal itu dikatakan Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara International Conference on Inclusive Economic Growth: Reducing Poverty and Inequality yang juga merupakan rangkaian dari even IMF-World Bank Forum 2018 di Hotel Anvaya, Kuta beberapa waktu lalu.

Akan tetapi di sini juga terlihat bahwa di Bali tercatat bahwa sektor manufaktur cukup rendah.

Hal itu dikarenakan sektor utama Bali adalah industri pariwisata.

Untuk itu, Menteri Bappenas menyatakan Bali memerlukan langkah strategis untuk menanggulangi sektor pariwisata yang cukup riskan.

“Salah satunya adalah revitalisasi sistem pertanian untuk mem-back up sektor wisata. Sektor pertanian juga bisa mendongkrak sektor lainnya seperti Industri Kecil dan Menengah,” tandasnya. 

Sementara itu, Penulis buku ekonomi bisnis “best seller” berjudul “Sukses Ada di Pikiran dan Infrastruktur Ekonomi”, Eko Budi Cahyono memberikan apresiasi terhadap pemerintah pusat yang jeli melihat potensi ekonomi kreatif di Bali

Calon anggota DPR RI dari PKB ini menegaskan, Bali sangat berpotensi untuk pengembangan ekonomi kreatif.

Sub sektor ekonomi kreatif yang pertumbuhannya juga bagus yakni film animasi dan video, desain komunikasi visual, serta aplikasi dan pengembangan game.  

“Untuk film animasi dan video potensi dikembangkan di Bali sangat besar apalagi dengan keunikan dan keragaman budayanya,” kata Eko Cahyono.

Halaman
123
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help