Negara Hopeless Tanpa Internet, Duet Jack Ma dengan Jim Yong Kim di IMF-WB AM 2018

Sembilan belas tahun lalu, ketika tidak seorang pun pernah berpikir tentang internet, Jack Ma justru sebaliknya

Negara Hopeless Tanpa Internet, Duet Jack Ma dengan Jim Yong Kim di IMF-WB AM 2018
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Presiden World Bank Group, Jim Yong Kim (kiri), mewawancarai Jack Ma di ruang Mangupura BICC, Nusa Dua, Jumat (12/10/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sembilan belas tahun lalu, ketika tidak seorang pun pernah berpikir tentang internet, Jack Ma justru sebaliknya.

Didorong rasa keingintahuan yang besar, dia memberanikan diri untuk membangun usaha e-commerce Alibaba yang kini disinyalir menjadi terbesar kedua setelah Wal-Mart.

Ia percaya, negara akan hopeless tanpa internet.

Pernyataan itulah yang disampaikan Jack Ma ketika hadir sebagai pembicara utama dalam acara Disrupting Development, Digital Platform and Inovation, IMF-WB AM 2018 di ruang Mangupura, BICC, Nusa Dua, Jumat (12/10/2018).

Dipandu langsung oleh President World Bank Group, Jim Yong Kim, hampir selama 30 menit Jack Ma menceritakan prinsip-prinsip hidupnya dalam menjalankan bisnis.

“Setiap negara yang aku kunjungi, aku selalu berusaha meyakinkan negaranya untuk memaksimalkan penggunaan internet dalam membangun pemerintahan. E-government membuat jadi transparan, terbuka dan no corruption. Jika tidak ada internet, negara akan hopeless. Informasi jadi di-block. Tidak perlu pikirkan speed-nya, karena dulu aku untuk download setengah foto saja, perlu waktu 3,5 jam,” ungkap orang terkaya dunia ini.

Saat awal mula membangun Alibaba, masyarakat China saat itu hidup dalam serba kesulitan dan begitu susah mendapatkan akses informasi.

Ketika ia menyampaikan ide membangun usaha ini, tidak ada seorang pun yang percaya.

Internet sama sekali tidak pernah terlintas di pikiran masyarakat dan dianggap sebagai sesuatu yang mustahil.

Tapi dia percaya dengan keyakinannya.

Halaman
1234
Penulis: Ni Ketut Sudiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved