Seperti Apartemen Mewah di Langit, Penerbangan 18 Jam Nonstop Singapura-Newark

Apa yang anda bayangkan bila terbang selama 18 jam nonstop, dan tidur malam serta bangun masih di pesawat?

Seperti Apartemen Mewah di Langit, Penerbangan 18 Jam Nonstop Singapura-Newark
Tribun Bali/Eviera Paramita Sandi
Keadaan kabin pesawat dan pramugari SQ 022 dalam penerbangan nonstop terpanjang pertama di dunia (18 jam 25 menit) dari Singapura ke Newark, AS, Kamis (11/10/2018) tengah malam. Tribun Bali berkesempatan mengikuti penerbangan pertama bersejarah yang menggunakan pesawat terbaru Airbus A350-900 ULR (Ultra Long Range) itu. 

TRIBUN-BALI.COM - Apa yang anda bayangkan bila terbang selama 18 jam nonstop, dan tidur malam serta bangun masih di pesawat?

Berikut ini tulisan jurnalis Tribun Bali, Eviera Paramita Sandi, yang sedang mengikuti penerbangan langsung terpanjang di dunia saat ini dari Singapura ke Newark, AS.

Pada hari Kamis (11/10/2018), saya berkesempatan mengikuti penerbangan perdana Singapore Airlines (SQ) ke Amerika Serikat (AS).

Penerbangan SQ 022 itu lepas landas dari Bandara Internasional Changi pukul 23.37 waktu Singapura, yang tidak ada perbedaan dengan waktu Bali atau waktu Indonesia tengah (WITA).

Penerbangan membawa 150 penumpang dan 17 kru, termasuk 4 pilot.

Kapasitas pesawat itu adalah 161 penumpang, dengan komposisi 67 kursi Kelas Bisnis, dan 96 kursi Kelas Premium Economy.

Penerbangan SQ 022 ini spesial, dan karena itu pun saya merasa beruntung mendapat kesempatan mengikutinya.

Baca: Di Balik Pelayanan Super Dalam Penerbangan Terpanjang Di Dunia Oleh Singapore Airlines

Dikatakan penerbangan spesial, karena merupakan perjalanan bersejarah SQ menjajaki rute Singapura-Newark (negara bagian New Jersey), AS, yang dijadwalkan selama 18 jam 25 menit.

Ini adalah penerbangan perdana terpanjang di dunia untuk pesawat komersial saat ini, dengan membawa bahan bakar avtur sebanyak 111,5 ton.

Perjalanan dengan pesawat jenis baru Airbus A350-ULR (Ultra Long Range) ini menempuh jarak sepanjang 16.627 kilometer (km) tanpa henti.

Halaman
1234
Penulis: Eviera Paramita Sandi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help