Gangga Pratista, Mandi Weda Saat Banyu Pinaruh

Wayan Sueca bersama istrinya datang ke Pantai Mertasari untuk mengikuti pelukatan agung Gangga Pratista

Gangga Pratista, Mandi Weda Saat Banyu Pinaruh
Tribun Bali/Putu Supartika
Upacara pelukatan Gangga Pratista, di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Minggu (14/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wayan Sueca bersama istrinya datang ke Pantai Mertasari untuk mengikuti penglukatan agung Gangga Pratista, yang dilaksanakan oleh Pinandita Sanggraha Nusantara Korda Denpasar.

Ia bersama hampir lima ratusan orang datang dengan keheningan pikiran untuk membersihkan diri saat Banyu Pinaruh.

"Saya sudah jam 6 pagi ke sini untuk ikut melukat. Saya dengar dari teman katanya ada acara melukat bersama di sini," katanya, Minggu (14/10/2018) pagi.

Ia datang menggunakan busana adat Bali dan membawa canang.

"Acara ini bertujuan untuk sosialisasi ke masyarakat bahwa Banyu Pinaruh tidak mandi biasa tapi dalam tatwa mereka juga mendapat pelukantan sanjiwani dari sang wiku atau sang sulinggih," kata ketua panitia I Wayan Dodi Arianta.

Rangkaian acara dimulai malam hari dengan acara pengeruakan yaitu membenamkan tirta di tengah lautan lalu paginya saat upacara pelukatan tirta tersebut dipendak.

"Nanti tirta itu yang dipakai melukat. Tirta ini juga berasal dari Kahyangan Tiga, Besakih, Batur juga tirta Sidakarya," imbuhnya.

Dalam acara itu ada juga tarian rejang, wayang, hingga Topeng Sidakarya.

Pada saat natab banten tebasan Sanjiwani, para peserta juga mesuryak sebagai simbolisasi menerima penganugerahan dari Dewi Saraswati.

Acara ini dipuput oleh 11 sulinggih dari berbagai soroh (sarwa sadhaka) di Bali, mulai dari pedanda siwa, budha baik dari Bangli, Gianyar, Denpasar, maupun Badung dan bertindak sebagai pangraja atau pemimpin yaitu Ida Pandita Mpu Jaya Prema Acharya Nanda.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved