Bhabinkamtibmas Desa Cemagi Gelar Sidak Duktang Guna Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif

Bhabinkamtibmas Desa Cemagi, melaksanakan kegiatan penertiban terhadap penduduk pendatang atau sidak duktang

Bhabinkamtibmas Desa Cemagi Gelar Sidak Duktang Guna Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif
Istimewa
Bhabinkamtibmas Desa Cemagi, melaksanakan kegiatan penertiban terhadap penduduk pendatang atau sidak duktang, Jumat (19/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Cemagi, melaksanakan kegiatan penertiban terhadap penduduk pendatang atau sidak duktang, Jumat (19/10/2018) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan sekira pukul 19.00 WITA ini berguna untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga serta wilayah Desa Cemagi, Mengwi, Badung.

Bhabinkamtibmas Desa Cemagi, AIPTU I Putu Sukayasa mengatakan, pendataan ini dilakukan untuk memeriksa dan juga mengawasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Disamping melakukan pendataan terhadap administrasi kependudukan, Bhabinkamtibmas dibantu peserta yang lainnya melakukan pemeriksaan dan pengawasan intensif terhadap barang maupun tempat-tempat hunian penduduk pendatang serta sekelilingnya, agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan kita bersama," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas menyasar beberapa barang bawaan yang sewaktu-waktu dapat dipakai untuk melakukan kejahatan seperti linggis, sajam, narkoba, bahan peledak dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga menyelusuri orang yang dicurigai tidak memiliki e-KTP.

Jika ditemukan ada yang tidak memiliki identitas, disarankan untuk segera kembali ke daerah asal dan mengurus administrasi kependudukan.

Selanjutnya, jika ditemukan ada pelanggaran, maka akan ada hukuman pidana yang dilakukan oleh Polri.

Setelah beberapa lama penyisiran terhadap duktang, hasil pemeriksaan didapatkan data sebanyak 139 penduduk yang memiliki e-KTP non kipem atau kartu identitas penduduk musiman dan lima kipem tidak berlaku lagi.

Halaman
12
Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved