DLH Bangli Masih Kekurangan Truk Pengangkut Sampah

14 unit truk pengakut sampah yang melayani seluruh kota Bangli, oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih dirasa kurang.

DLH Bangli Masih Kekurangan Truk Pengangkut Sampah
Tribun Bali/M. Fredey Mercury
Sejumlah mobil truk pengangkut sampah di bengkel truk pemkab bangli di LC Uma Bukal, Kelurahan Cempaga, Bangli, Jumat (19/10/2018) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – 14 unit truk pengakut sampah yang melayani seluruh kota Bangli, oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih dirasa kurang.

Pasalnya dari jumlah tersebut, dua diantaranya mengalami rusak parah lantaran tergolong uzur.

Sekretaris DLH Kabupaten Bangli Ida Bagus Sobya, Jumat (19/10) tidak menampik akan kondisi ini.

Dia menjelaskan, dua truk yang mengalami kerusakan dengan status rusak berat itu tergolong uzur, sebab keduanya sudah ada sejak tahun 1985. Sedangkan untuk biaya perbaikan membutuhkan anggaran yang cukup tinggi.

“Untuk masalah sampah saja per tahunnya kami mengalokasikan anggaran hingga Rp, 1,5 miliar. Dari jumlah tersebut, 280 juta adalah biaya pemeliharaan rutin, sedangkan sisanya untuk pembelian BBM,” sebutnya.

Gus Sobya tidak menampik apabila dari jumlah 12 unit truk sampah, pihaknya masih mengalami kekurangan.

Sebab, pelayanan nantinya tidak hanya mengarah pada kota kabupaten, maupun kota kecamatan, juga mengarah pada desa wisata yang kini mulai bermunculan.

“Paling tidak untuk pelayanan dengan truk pengangkut sampah, masih membutuhkan 6 unit mobil lagi. Artinya dengan 18 unit kendaraan itu, bisa dialokasikan ke masing-masing kecamatan,” sebutnya.

Terkait kekurangan truk pengangkut sampah ini, pihaknya mengatakan sudah kerap mengusulkan. Seperti melalui dana alokasi khusus (DAK), pihaknya mengusulkan dua unit truk pengangkut sampah.

Demikian juga di provinsi melalui dana BKK, dari empat unit yang diusulkan, provinsi hanya sanggup mengusulkan dua unit untuk tahun 2019.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved