Dianggap Penting, Arsip Justru Diletakkan Sembarangan dan Tidak Terawat

Kerap dianggap sebagai benda yang penting, sejumlah arsip milik pemerintah daerah justru tidak disimpan

Dianggap Penting, Arsip Justru Diletakkan Sembarangan dan Tidak Terawat
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Penyimpanan Arsip di beberapa instansi pemerintah Kabupaten Bangli, Kamis (25/10/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Kerap dianggap sebagai benda yang penting, sejumlah arsip milik pemerintah daerah justru tidak disimpan maupun dirawat selayaknya benda penting.

Di beberapa kantor organisasi perangkat daerah (OPD), arsip ini justru diletakkan pada tempat seadanya, yang tak jarang memberi kesan kumuh.

Selain memberikan kesan kumuh, arsip-arsip ini juga diletakkan pada tempat sembarangan.

Tak jarang dokumen yang masih dianggap penting ini diletakkan pada tempat penyimpanan terbuka yang rentan terkena air hujan, maupun dekat dengan dengan kamar mandi.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, I Nyoman Sumantra, Kamis (25/10/2018) mengakui jika kondisi tersebut merupakan salah satu kelemahan yang harus dibenahi dari masing-masing OPD.

Ia menjelaskan bahwa arsip merupakan bagian dari dokumen penting dari suatu lembaga, serta menggambarkan citra lembaga tersebut.

Sehingga keberadaan suatu arsip pada masing-masing lembaga harus terselamatkan dan teramankan, sebab arsip juga menjadi sumber maupun bukti hukum ketika dalam suatu lembaga memiliki persoalan.

Demi mengatasi hal tersebut, Sumantra mengatakan telah memiliki program pembinaan kearsipan.

Tentu program ini perlu komitmen dari masing-masing kepala OPD untuk menghargai sebuah arsip, melihat pentingnya arsip tersebut.

“Penghargaan terhadap suatu arsip merupakan upaya antisipasi, di kemudian hari ketika terjadi persoalan hukum, justru kerepotan untuk mencari karena letak bukti-bukti fisiknya tidak beraturan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved