Berita Banyuwangi

Mal Pelayanan Publik Banyuwangi Raih Penghargaan dari KemenPAN RB

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyerahkan penghargaan Mal Pelayanan Publik kepada Bupati Banyuwangi

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyerahkan penghargaan Mal Pelayanan Publik (Mal PP) kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Manado, Jumat (26/10/2018). 

Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) itu diberikan kepada Banyuwangi sebagai kabupaten pertama di Indonesia yang menginisiasi berdirinya mal pelayanan publik.

Acara tersebut juga dihadiri Menkopolhukam Wiranto dan Menteri PAN RB Syafruddin.

“Apresiasi dari pemerintah pusat ini menyuntikkan semangat kepada Banyuwangi untuk terus berbenah. Dukungan pemerintah pusat terhadap inovasi daerah sangat kuat, sehingga kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Anas.

“Begitu pula dengan perkembangan mal pelayanan publik di Banyuwangi tentu tak lepas dari peran pemerintah pusat, yang memberikan jalan dan kesempatan bagi daerah untuk terus berinovasi," imbuh Anas.

Mal Pelayanan Publik Banyuwangi merupakan tempat pelayanan terpadu dimana semua pengurusan dokumen dilakukan di satu tempat. 

Anas membeberkan, pendirian mal ini terilhami saat KemenPAN RB mengajak Banyuwangi mengunjungi ASAN Xidmat, institusi pelayanan publik terpadu di Azerbaijan yang ditetapkan sebagai terbaik oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam United Nation Public Service Award (UNPSA).

"Pulang dari sana, hanya dalam satu minggu kami segera mewujudkan dan langsung meresmikan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi pada 6 Oktober 2017 lalu," jelas Anas.

Saat ini mal tersebut telah melayani 199 jenis layanan dalam satu atap, mulai administrasi kependudukan seperti akte kelahiran dan kematian, kartu identitas anak, KTP, beragam jenis izin usaha, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, pelayanan izin kendaraan, hingga pembayaran retribusi daerah.

Termasuk ada layanan administrasi pernikahan dari Kementerian Agama.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved