BP Paud dan Dikmas Bali Gelar Pengembangan SDM Kepada 20 Siswa SMA di Denpasar

BP Paud dan Pendidikan Masyarakat Bali, menggelar Saka Widya Hudaya Bali dengan tujuan pendidikan karakter kepada generasi bangsa

BP Paud dan Dikmas Bali Gelar Pengembangan SDM Kepada 20 Siswa SMA di Denpasar
Tribun Bali/Busrah Ardans
Keceriaan adik-adik SMA yang mengikuti kegiatan Persami di BP Paud dan Dikams Bali, Minggu (4/11/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Balai Pengembangan (BP) Paud dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Bali, menggelar Saka Widya Budaya Bali (SWBB) dengan tujuan pendidikan karakter kepada generasi bangsa.

Pendidikan ini diberikan kepada 20 siswa-siswi yang berasal dari dua Sekolah Negeri di Denpasar, yakni SMA Negeri 2 Denpasar dan SMA Negeri 5 Denpasar.

Kepala Seksi Pengembangan SDM, Kusuma Wardani saat ditemui di Kantor BP Paud dan Dikmas Bali Minggu pagi tadi mengatakan, kegiatan tersebut memang merupakan bagian dari program BP Paud dan Dikmas Bali.

"Kita memang masing-masing UPT membentuk SWBB (Saka Widya Budaya Bali) dengan tujuannya ialah pendidikan karakter. Di dalamnya kita menjaring minat dan bakat dari siswa," kata Kusuma kepada tribun-bali.com.

Sejak bulan Oktober 2018 lalu, pihaknya telah memulai dari pendidikan, pengembangan life skill dan terakhir ini ialah pendidikan kecakapan.

"Yang kami adakan satu di antaranya ialah life skill seperti potong rambut, tata rias wajah, memasang sanggul untuk yang putri. Kalau yang putra itu ialah barber shop-nya," jelasnya.

Sementara pendidikan pramuka atau Persami (perkemahan sabtu-minggu) yang digelar hari ini, mengenai pendidikan kemandirian.

"Artinya bagaimana dia bertanggung jawab dan memimpin dalam satu grup. Serta bagaimana dia bersosialisasi di antara teman-temannya. Yang kita inginkan tentu mereka ada life skill-nya dan juga yang utama ialah pendidikan karakternya itu," jelas dia.

Dalam kegiatan kali ini, pihaknya menghadirkan siswa-siswi dari SMA Negeri 2 Denpasar dan SMA Negeri 5 Denpasar.

"Persami ini sudah merupakan puncak dari rangkaian kegiatan SWBB BP Paud dan Dikmas Bali sejak Oktober lalu. SWBB ini merupakan yang pertama. Ini kita baru merintis, semoga kedepannya bisa terus berlanjut," ungkapnya berharap.

Dari Persami kali ini, pihaknya juga kedatangan mahasiswi-mahasiswi dari Unesa yang tengah melaksanakan kegiatan magang.

"Mereka kami libatkan karena saat ini mereka juga dalam masa praktek lapangan. Agar mereka juga memahami tugas-tugas dari BP Paud dan Dikmas Bali. Kalau secara teori kan mereka sudah ada, nah saat ini mereka praktek ke adik-adik SMA di sini," terang Kusuma lagi.

Mahasiswi yang berjumlah enam orang itu tampak memberikan permainan kepada adik-adik SMA yang menggelar Persami pagi tadi. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved